Jenis dan Tips Mengubah Hobi Jadi Bisnis di Masa Pandemi

Source: pexels.com

Hai Miks, punya hobi dan ingin jadikan peuang untuk berbisnis di masa pandemi ini? Simak ulasan berikut, yuk!

Kondisi pandemi saat ini menyebabkan banyak perusahaan yang gulung tikar. Jikalau mereka bertahan, tentu akan melakukan banyak upaya penyusutan. Salah satunya adalah mengurangi tenaga pekerja. Sehingga bisa dipastikan jika semakin banyak orang yang bingung dengan masalah pekerjaan.

Untuk memulai bisnis, tentu merupakan tantangan yang berat juga. Bukan tanpa alasan, untuk memulai usaha baru tentu butuh modal yang besar. Sementara tingkat keberhasilan pun masih belum pasti. Namun saat seperti ini justru memunculkan keberanian orang untuk memulai bisnis baru dengan mengandalkan hobi. Bukan hanya karena suka, tapi orang yang miliki kreativitas tinggi akan mengubah aktivitas hobinya menghasilkan rupiah.

Di antara hobi yang dapat jadi bisnis saat pandemi saat ini diantaranya:

  • Menulis

Saat ini kebutuhan konten tulisan menjadi sangat besar. Penggunaan media sosial yang sangat tinggi menuntut para pelaku bisnis pandai menggunakan kata-kata sebagai media marketing di dunia online. Para content writer ini memiliki peluang besar untuk memperoleh bayaran melalui kerjasama dengan pemilik usaha.

  • Jasa desain grafis

Buat Miks yang punya hobi buat desain grafis, ini dapat jadi peluang bisnis juga. Semakin maraknya orang berjualan online, pasti akan butuhkan gambar sebagai alat dukung promosinya.

  • Kerajinan tangan

Membuat sebuah benda dari kerajinan tangan akan dapat jadi jalan untuk menambah penghasilan. Benda-benda yang miliki nilai estetika dan juga bermanfaat akan dapat menarik perhatian konsumen. Manfaatkan media market online yang ada sebagai etalase untuk menjual hasil karya Miks.

  • Penjual tanaman

Untuk yang punya hobi bercocok tanam, maka hasil tanamannya dapat dijual. Tak hanya tanaman hias, saat ini banyak orang yang suka menanam jenis sayuran. Dengan lahan yang terbatas, banyak juga yang berhasil mengembangkan budidaya tanaman hidroponik yang ujungnya dapat menghasilkan rupiah.

  • Buka les online

Kebutuhan kelas online saat pandemi ini semakin tinggi. Membuka les online akan menjadi peluang besar bagi Miks yang punya hobi mengajar dan miliki keahlian satu bidang studi.

Beberapa jenis hobi di atas hanya contoh saja, masih banyak aktivitas lain yang bisa dijadikan bisnis. Bermodalkan ketekunan dan kegigihan, semua itu tentu akan membuahkan hasil. Adapun tips yang dapat dilakukan untuk mengembangkan hobi jadi bisnis antara lain:

  • Tentukan jenis hobi yang akan dipilih. Carilah hobi yang benar-benar miliki peluang untuk menjadi bisnis. Jika sudah, maka konsistenlah dengan pilihan tersebut.
  • Pelajari kegiatan hobi tersebut lebih banyak lagi. Pahami semua seluk beluknya sehingga dapat dikuasai dengan baik.
  • Buat brand sendiri agar produk atau jasa Miks dapat dikenal oleh orang lain.
  • Pelajari target market pasar, lalu sesuaikan produk atau jasa yang dipilih, Ini akan memberi dampak positif pada proses marketing nanti.
  • Gabung dengan komunitas agar ilmu dan wawasan Miks berkembang. Berinteraksi dengan banyak orang memungkinkan kita lakukan inovasi dengan melakukan berbaikan dalam bisnis.

Demikianlah beberapa jenis dan tips mengubah hobi jadi bisnis di masa pandemi. Siap lakukan inovasi di era new normal ini? Semangat ya Miks!

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-9

 

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like