4 Mitos Vs Fakta dalam Dunia Parenting yang Wajib Anda Ketahui!

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Menjadi orang tua terkadang tak semudah yang dikira. Banyak komentar-komentar negatif yang terkadang banyak kita temui dari lingkungan. Entah itu lingkungan keluarga terdekat, tetangga maupun lingkungan di sekitar rumah. Dan, terkadang karena kita masih sulit membedakan mana mitos dan fakta akhirnya pikiran kita yang tadinya positif lama-kelamaan menjadi negatif pengaruh dari lingkungan sekitar. Nah, berikut mitos dan fakta yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua.

MITOS: Anak yang tak tahu apa-apa adalah anak bodoh!

FAKTA: Setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Bila anak belum begitu suka belajar matematika, nilainya kurang baik di pelajaran tersebut. Bukan berarti anak itu bodoh. Ada baiknya selaku orang tua untuk lebih peka. Cari tahu terlebih dahulu di bidang apa waktu anak biasanya tersedot dalam kesehariannya. Di bidang apa anak tampak bahagia melakukannya? Dengan demikian anak akan fokus pada fitrah kecerdasannya yang bila terus diberi motivasi dan ruang gerak yang maksimal akan membuatnya berbakat di bidang tersebut.

MITOS: Anak pendiam adalah anak yang payah!

FAKTA: Hal ini tentu saja tidak benar. Perlu dianalisis kembali kenapa anak tersebut jarang berbicara? Apa mungkin Anda selaku orangtuanya sering menyuruhnya diam karena begitu banyak pertanyaan yang dia lontarkan? Pada akhirnya dia tumbuh menjadi pribadi yang pendiam. Merasa percuma saja bila banyak bertanya, solusinya cukup hanya dengan diam maka dengan begitu orang tuanya bisa merasa senang. Adapun bila dia ingin bicara dia hanya memilih siapa saja yang sering membuatnya nyaman ketika sedang berbicara.

MITOS: Anak pintar hanyalah yang sering mendapatkan juara di dalam kelas!

FAKTA: Hal ini tentu tidak benar karena setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing. Nilai akademik tidak bisa mewakili seutuhnya seorang anak dikatakan cerdas atau bodoh. Berapa banyak orang-orang yang hebat ternyata lahir dari mereka yang semasa kecilnya dikucilkan karena dianggap bodoh oleh pihak sekolah? Seperti masa kecilnya Thomas Alfa Edison yang dianggap bodoh oleh gurunya.

MITOS: Anak yang gendut adalah anak yang sehat sedangkan anak yang kurus adalah anak yang kurang gizi.

FAKTA: Gendut atau kurusnya seorang anak bukanlah ukuran pasti anak itu sehat atau tidak. Selama anak-anak makan seimbang, aktif bergerak, tak mudah sakit itulah yang sebenarnya dikategorikan anak sehat. Anak dengan berat badan yang berlebihan justru bisa dikatakan kurang sehat karena banyaknya lemak dalam tubuh yang berpotensi akan mengalami obesitas. Itulah pentingnya memberikan pengertian yang baik bagi anak bagaimana cara makan yang benar. Tidak berlebihan dalam hal makanan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatannya ke depan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-10

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like