7 Mitos Vs Fakta Seputar Perawatan Rambut

Source: editorial.femaledaily.com

Halo, Miks! 

Menyenangkan rasanya memiliki rambut yang indah. Bagi wanita, rambut merupakan bagian tubuh yang bisa membuat wanita cantik sempurna. Tidak heran bila wanita tidak ragu-ragu mengalokasikan dana yang cukup besar untuk perawatan rambut.

Ada kalanya wanita berani coba-coba jenis perawatan rambut. Entah karena belum mendapatkan yang cocok atau ikut-ikutan teman. Namun, harapan untuk mendapatkan rambut yang indah sering kali kandas karena kurangnya pengetahuan tentang perawatan rambut, dan terlalu sering mendengar kata seseorang yang belum pasti kebenarannya. Seperti fakta vs mitos mengenai perawatan rambut berikut ini. 

1. Kebotakan Bersifat Turun Temurun Sehingga Tidak Dapat Diobati.

Memiliki rambut botak? Benar-benar mimpi buruk bagi wanita. Walaupun begitu, ada juga wanita yang mau memangkas habis rambutnya demi sensasi. Kebotakan atau alopecia bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena faktor  genetik.

Hati-hati bila batas rambut di dahi semakin lama semakin berkurang, kemungkinan itu gejala kebotakan. Namun, alopecia masih bisa  dicegah, ya, Miks! Dengan rajin melakukan perawatan rambut dan memperlakukan rambut dengan baik. Seperti mengikat rambut tidak terlalu kencang, memberi vitamin pada rambut, dan lain sebagainya. Jadi, kalau ada yang bilang kebotakan karena genetik tidak bisa diobati, itu mitos, ya. 

 2. Memakai Obat Pembasmi Kutu Rambut Dapat Menyebabkan Kematian.

Gak kebayang rasanya memiliki kutu dalam rambut.  Selain aktifitas jadi terganggu, kutu rambut juga bisa mengganggu kesehatan. Namun, bila kutu rambut merajalela, jangan terburu-buru menggunakan sembarang obat pembasmi kutu rambut. Pelajari dulu kandungan yang ada di dalam obat pembasmi kutu yang dibeli. Karena berdasarkan fakta, telah terjadi kematian diakibatkan penggunaan obat pembasmi kutu rambut yang dijual online. Kandungan Diazinon yang seharusnya digunakan sebagai insektisida dan hama, malah digunakan untuk rambut. 

3. Merawat Rambut Dengan Keramas Setiap Hari.

Kulit manusia memiliki kelenjar sebum yang terletak di bawah kulit. Sebum atau minyak yang keluar secara alami dari bawah kulit berfungsi melembabkan rambut. Mencuci rambut tiap hari dapat menyebabkan rambut kering karena sebum akan hilang saat keramas. Berarti, merawat rambut dengan mencucinya tiap hari adalah mitos. 

4. Seledri dapat mempercepat tumbuh rambut.

Pernah, ga, zaman dulu melihat kepala anak balita yang baru dibotakin, dibaluri tumbukan daun seledri? Konon, seledri bisa menumbuhkan rambut dengan cepat. Ini fakta, Miks! Karena seledri kaya protein, kalsium, lemak, vitamin A, B , dan C yang bagus untuk menutrisi rambut. Banyak yang berhasil merawat rambut dengan menggunakan seledri. Namun, kita hati-hati, ya. Bagi yang alergi seledri, resep ini tidak disarankan. 

5. Sampo kuda bisa mempertebal rambut.

Beberapa waktu lalu heboh tentang penggunaan sampo kuda digunakan untuk perawatan rambut manusia. Setelah diamati, ternyata sampo kuda mengandung bahan-bahan yang bagus untuk menghaluskan rambut seperti minyak nabati. Juga kandungan lain yang berkhasiat sebagai anti ketombe (zinc) dan anti klorida (benzalkonium klorida). Sejauh ini, banyak testimoni yang baik tentang pemakaian sampo kuda ini. Namun, memang belum ada penelitian mendalam tentang pemakaian sampo kuda. Kandungannya yang berat sejatinya memang tidak diperuntukkan bagi manusia. Sebaiknya berhati-hati, ya, Miks!

6. Rambut Sehat Tidak Mengalami Kerontokan.

Kadang kita bingung, sudah pakai sampo anti rontok, tapi rambut masih saja mengalami kerontokan. Kerontokan atau telogen adalah proses alami pada rambut untuk regenerasi.  Rambut sendiri memiliki siklus hidup 2-3 bulan. Kerontokan yang alami bisa mencapai 100 helai lebih, lo. Namun, perlu waspada juga bila rambut semakin lama semakin menipis sampai terlihat kulit rambut. Itu berarti kerontokan parah sedang terjadi. Segera berkonsultasi ke dokter, bila hal itu terjadi.

7. Tidak Perlu Memotong Rambut Bila Berniat Memanjangkan Rambut.

Terkadang rambut yang panjang dan tak beraturan membuang kita risih. Mau dipotong, tapi sayang karena berniat memanjangkan rambut. Benarkah rambut tidak perlu dipotong sama sekali agar rambut cepat panjang? Itu mitos, ya, Miks! Rambut perlu dipotong secara berkala. Bila berniat memanjangkan rambut, maka cukup potong ujung rambut untuk mencegah rambut bercabang. Sehingga rambut panjangnya terlihat bagus. Jangan khawatir, rambut akan tumbuh 6-8 minggu ke depan. Bahkan panjangnya lebih besar dari pada panjang rambut yang dipotong sebelumnya. 

 

Oke, Miks! Itu dia fakta dan mitos seputar perawatan rambut. Jangan malas, ya, merawat rambut. Karena rambut yang sehat dapat membuat pikiran ringan  dan pandangan terasa cerah. Membuat kita bersemangat saat beraktifitas. 

 

Artikel ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-10.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like