7 Nasehat Simbah Ini Termasuk Mitos atau Fakta?

Source: aegisliving.com

Hai, Miks!

 

Terkadang hal-hal yang biasa dijumpai setiap hari membuat Anda bingung, ini fakta atau mitos. Mitos yaitu  berupa kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta, dan dianggap benar-benar ada atau terjadi. Mitos erat kaitannya dengan cerita tradisional. Nah, di bawah ini ada sederetan nasehat simbah (orang tua yang sudah lanjut usia) yang tak semuanya sekadar mitos.

Yuk, kita intip nasehat simbah berikut ini.

 

Jangan Makan Brutu atau Pantat Ayam Nanti Jadi Pikun

 

Brutu atau pantat ayam yang isinya lemak sehingga rasanya sangat empuk dan gurih. Tetapi ini bahayanya, jika berlebihan memakan brutu yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat dapat mengakibatkan obesitas dan tidak baik bagi kesehatan.

 

 

Perempuan Dilarang Makan di Depan Pintu Bakal Punya Anak Bermulut Lebar dan Susah Jodoh 

 

Nasehat simbah berikut ini sama sekali tidak ada hubungannya kelak kalau mempunyai anak mulutnya akan lebar. Makan atau sekadar duduk di depan pintu sebenarnya tidak hanya anak perempuan yang dilarang. Tetapi semua dilarang duduk di depan pintu karena akan menghalangi bagi yang hendak ke luar masuk lewat pintu. Ditujukan untuk anak perempuan agar berlaku santun dan duduk pada tempatnya.

 

 

Makan Sayap Ayam Jauh dari Jodoh 

 

Fungsi sayap untuk terbang dan terbang biasanya jauh. Padahal makna sesungguhnya, anak perempuan dilarang makan sayap ayam karena mengandung banyak lemak. Remaja yang hormonnya sedang tidak stabil akan mudah timbul jerawat jika mengonsumsi lebih banyak lemak. Jadi dikhawatirkan tidak akan ada lelaki yang mendekatinya atau diartikan jauh jodoh. Lagi-lagi hanya soal pemahaman.

 

 

Kencing dan Buang Sampah di Pohon Besar Akan Diganggu Setan 

 

Ini terkadang masih terdengar di telinga Anda? Mitos atau faktakah? Menurut cerita zaman dahulu, mahluk-mahluk halus menyukai pohon besar untuk dijadikan tempat tinggal. Maka jangan sampai pohon besar tersebut kotor dengan kencing atau membuang sampah di pohon besar tersebut. Ini adalah murni mitos. Kencing atau membuang kotoran di sekitar pohon besar bisa saja akan diserap oleh tumbuhan sekitar. Siapa tau suatu saat kita memerlukan tumbuhan tersebut dan memanfaatkannya.

 

 

Nasi Akan Menangis dan Ayam Mati Jika Membuang Nasi 

 

Ini termasuk nasehat zaman dahulu juga. Orang tua sering menasehati agar jangan sampai membuang nasi kalau tidak ingin melihat nasi menangis dan ayam mati. Ini diartikan jangan membuang makanan atau nasi karena semua orang belum tentu mampu membeli dan memakannya. Jika nasi banyak dibuang, ayam peliharaan tidak bisa makan nasi yang bisa berakibat ayam kelaparan dan mati.

 

 

Jangan Makan Sambil Berjalan Nanti Ditolak Jodoh 

 

Lagi-lagi nasehat simbah untuk anak perempuan.  Anak perempuan memang wajib diajarkan sopan santun dan lembut. Makan sebaiknya sambil duduk dan di tempat makan, bukan sambil berjalan yang  terlihat tidak sopan serta tidak baik untuk kesehatan.

 

 

Jangan Tidur Tengkurap Kalau Sakit Nggak Sembuh-sembuh 

 

         Tidur tengkurap bukan menyebabkan sakit tidak sembuh tetapi larangan atau nasehat ini mengandung makna bahwa tidur tengkurap adalah posisi yang tidak bagus. Tidur tengkurap adalah tidur dengan posisi terburuk dibandingkan dengan tidur miring atau telentang. Tidur tengkurap menyebabkan penyakit pernapasan karena hidung akan langsung bersentuhan dengan alas tidur yang bisa saja terdapat debu atau kuman.

Itulah ketujuh nasehat simbah yang masih sering terdengar. Beberapa ada yang mitos namun tidak sedikit yang memang bermanfaat. Selebihnya tergantung kepada Anda untuk mempercayai atau tidak sama sekali. Semoga bermanfaat!

 

#TantangaMenulisMakMoodPusblishing

#Day10

#MitosvsFakta

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like