Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi yang Populer di Masyarakat

Source: liputan6.com

Halo, Miks!

Menstruasi menyebabkan sebagian perempuan akan mengalami rasa tidak nyaman. Mulai suasana hati yang tidak menentu hingga rasa nyeri yang timbul. Rasa tidak nyaman diperparah oleh kecemasan akibat mitos yang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Berikut 8 mitos seputar menstruasi yang perlu Anda ketahui kebenarannya.

  1. Tidak Boleh Keramas

Pernahkah Anda mendengar mitos bahwa perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh keramas? Mitos tersebut mengatakan bahwa keramas saat menstruasi akan menyebabkan sakit kepala. Faktanya, perempuan yang sedang menstruasi memang kerap mengalami sakit kepala. Namun, hal itu bukan disebabkan oleh keramas. Sakit kepala tersebut diakibatkan oleh sindrom premenstrual.  Keramas justru membuat rambut dan kulit kepala Anda terjaga kebersihannya.

  1. Tidak Boleh Olahraga

Tubuh memang cenderung akan mudah lelah saat menstruasi. Namun, hal ini bukan halangan untuk  melakukan olahraga. Faktanya, olahraga ringan yang dilakukan saat menstruasi dapat menjaga suasana hati, membantu memperlancar peredaran darah di sekitar otot rahim, dan mengurangi nyeri. Olahraga juga akan membuat Anda terhindar dari kram pada perut. The American College of Obstetricians and Gynecologists  justru menyarankan olahraga ringan saat menstruasi. Olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan menari.

  1. Tidak Boleh Berenang

Mitos lain yang umum dibicarakan adalah larangan berenang. Beberapa sumber mitos menyebutkan bahwa berenang saat menstruasi akan mengotori kolam renang dan menimbulkan penyakit pada rahim, bahkan menyebabkan kemandulan. Faktanya, Anda dapat berenang tanpa mengotori kolam renang karena tekanan air dalam kolam renang akan menghambat keluarnya darah. Berenang juga tidak akan menimbulkan penyakit pada rahim Anda.

  1. Melakukan Hubungan Suami Istri Saat Menstruasi Tidak Menyebabkan Hamil

Sebagian orang menganggap bahwa melakukan hubungan suami istri saat menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan. Faktanya, kehamilan tetap dapat terjadi. Hal ini disebabkan karena sperma dapat bertahan hidup selama beberapa hari dalam tubuh wanita. Ketika menstruasi selesai, sperma dapat segera bergerak menuju sel telur.

Secara medis, melakukan hubungan suami istri saat menstruasi dapat mengakibatkan infeksi. Hal ini dikarenakan servik yang lebih terbuka saat mentruasi. Anda juga akan merasakan ketidaknyamanan dan rasa sakit akibat terdorongnya leher rahim. Bagi umat Islam, melakukan hubungan suami istri saat menstruasi hukumnya haram. Hal ini ditegaskan dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 222.

  1. Menstruasi Selalu Datang Tepat Waktu

Anda tentu sering mendengar bahwa menstruasi harus selalu datang tepat waktu setiap bulan. Hal ini kerap membuat perempuan khawatir bila menstruasinya datang terlambat atau terlalu cepat. Faktanya, siklus menstruasi bervariasi antara 21 hingga 35 hari. Cepat atau lambatnya siklus, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perubahan berat badan, emosi, dan obat yang dikonsumsi.

  1. Mentruasi Adalah Proses Membuang Darah Kotor

Darah menstruasi sering kali disebut darah kotor. Hal ini kemudian dianggap bahwa menstruasi adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Faktanya, menstruasi adalah proses meluruhnya lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal karena tidak adanya pembuahan sel telur. Darah menstruasi merupakan campuran dari darah, jaringan rahim, lendir, dan sedikit bakteri.

  1. Minuman Soda Dapat Melancarkan Menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar dapat membuat Anda merasa nyeri dan tidak nyaman. Sebuah mitos menyebutkan bahwa minuman soda dapat memperlancar menstruasi tersebut. Faktanya, bahwa berdasarkan hasil penelitian, tidak ada korelasi antara lancarnya menstruasi dengan minuman soda. Penyebab menstruasi yang tidak lancar adalah tidak seimbangnya hormon yang mengatur siklus mentruasi, perubahan berat badan, dan stres. Agar menstruasi Anda lancar, konsumsilah lebih banyak air putih, olahraga dan makanan sehat.

  1. Tidak Boleh Minum Minuman Dingin

Minuman dingin dapat membuat jadwal datangnya menstruasi terlambat. Mitos tersebut menyebutkan bahwa minuman dingin membuat dinding rahim mengeras dan membekukan darah. Faktanya, menstruasi yang datang terlambat bukan disebabkan oleh minuman dingin, melainkan oleh masalah pada dinding rahim, masalah hormonal dan dinding telur serta psikologis.

Nah, Miks! Anda tidak perlu terlalu khawatir mendengar mitos tentang menstruasi ya. Pastikan Anda telah mencari fakta mengenai mitos itu terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-10

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like