5 Hal Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca [pixabay.com]

Halo Miks!

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang perlu dipelajari oleh orang Indonesia, terutama mereka yang hendak melanjutkan sekolah di luar negeri, bekerja di bidang pariwisata, ingin bekerja di perusahaan asing dan lain sebagainya.  Tapi terkadang, karena ini bahasa asing, untuk sebagian orang ini menjadi cukup sulit. Jangan khawatir, Miks, karena ada beberapa hal di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris, selain mengikuti kursus bahasa Inggris. Kita simak, yuk!

  1. Buku Cerita atau Novel

Buku cerita anak-anak yang menggunakan bahasa Inggris biasanya bertujuan untuk memperkenalkan vocabulary (kosa kata) dan grammar (tata bahasa) sederhana. Jadi buku-buku ini bisa dimanfaatkan untuk memahami kata-kata dan kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Bila anak-anak sudah diperkenalkan pada bahasa Inggris sejak awal melalui buku cerita, biasanya akan lebih mudah bagi mereka belajar bahasa Inggris saat mereka bersekolah. Nah, untuk yang sudah mulai belajar bahasa Inggris, mereka bisa memanfaatkan novel berbahasa Inggris untuk menambah kosa kata dan bentuk kalimatnya. Tapi sebaiknya tidak menggunakan komik berbahasa Inggris untuk mempelajari bentuk kalimat ya, lebih baik menggunakan cerpen atau novel saja.

  1. Lagu Favorit

Bagi yang kurang suka membaca, mereka bisa belajar bahasa Inggris melalui lagu. Apalagi di jaman modern seperti sekarang sangat mudah untuk mendapatkan lirik suatu lagu berbahasa Inggris. Bila kita menyukai suatu lagu, kita tentunya ingin tahu mengenai isi lagunya. Nah, dengan begitu kita bisa mempelajari  kosa kata bahasa Inggris dari lagu favorit kita tersebut. Keuntungan lain adalah dengan menyanyikan lagu tersebut, kita juga bisa berlatih pronunciation (pengucapan kata). Bila ingin sedikit menantang, cobalah menulis lirik lagu tersebut berdasarkan kata-kata yang kita dengar. Ini lebih sulit, tapi akan menambah kemampuan kita mendengar dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

  1. Online Game (Permainan Daring)

Permainan daring sedang menjadi trend di kalangan anak-anak. Nah, kebanyakan online game menggunakan bahasa Inggris dan membutuhkan interaksi dengan pemain lain menggunakan bahasa Inggris. Selama tidak berlebihan, anak bisa memanfaatkan game online untuk belajar bahasa Inggris. Orang tua harus ikut mengawasi ya. Karena bermain online game berlebihan tidak baik untuk kesehatan mata dan juga kesehatan mental anak. Buat jadwal kapan anak boleh memainkannya. Dampingi dan diskusikan bersama, permainan daring apa yang boleh dimainkan anak. Perhatikan juga usia anak ya, Miks. Sebelum anak duduk di bangku SD, sebaiknya anak jangan dierbolehkan menggunakan gawai.

  1. Kamus Elektronik

Mempelajari bahasa asing asing tentunya tidak mungkin lepas dari penggunaan kamus. Untuk memudahkan orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris, di pasaran sudah tersedia kamus elektronik bahasa Inggris. Kamus ini lebih mudah digunakan dibandingkan kamus konvensional yang sangat tebal. Bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Bisa langsung digunakan bila kita ingin mencari arti kata dari kata-kata bahasa Inggris. Tapi bila kita harus membuat tulisan dalam bahasa Inggris, penggunaan kamus konvensional lebih disarankan ya.

  1. Berlatih dengan Teman

Saat kita mempelajari bahasa asing, baik itu bahasa Inggris atau bahasa asing lain, yang penting adalah sering menggunakannya. Bagaimana caranya? Sering-sering berbahasa Inggris dengan orang yang bisa berbahasa Inggris. Untuk anak-anak yang sudah belajar bahasa Inggris di sekolah, mereka bisa berlatih dengan teman-teman sekelasnya.  Jika mungkin, bergabung dengan klub bahasa Inggris yang mengharuskan anggotanya selalu berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dengan sering berbicara menggunakan bahasa Inggris, orang akan lebih percaya diri bila suatu saat harus berkomunikasi dengan orang asing yang sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia.

 

Nah, itulah 5 hal yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-11

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like