Bingung Ketika Akan Mulai Bisnis Online? Mari Intip Tips dan Triknya

Tips Memulai Bisnis ‘Online’ [pixabay.com]

Hai Miks, sejak ada pandemi Corona ini semakin banyak orang yang mencari peruntungan di dunia maya. Memanfaatkan media online untuk membuka bisnis baru. Tapi masih banyak yang bingung bagaimana memulai bisnis online. Mari simak tips dan triknya berikut ini.

Buat rencana yang matang

Susunan rencana yang dibuat akan menjadi landasan untuk melakukan bisnis. Maka menyusun rencana dengan matang akan menentukan tingkat keberhasilannya.

  • Tentukan jenis bisnis (produk atau jasa) yang akan digeluti

Carilah produk atau jasa yang dipahami dan kuasai kelemahan serta kelebihannya. Berbekal modal ini Miks akan lebih mudah untuk menjualnya karena telah mengetahui seluk beluknya sehingga dapat meyakinkan konsumen.

  • Menentukan target market

Siapa yang akan menjadi konsumen produk atau jasa kita? Ini harus dipikirkan dengan saksama oleh pelaku bisnis. Menentukan target market akan menentukan keberlangsungan kegiatan bisnis dan membantu cara perolehan omset bisnis.

  • Membuat strategi pemasaran

Rencana kegiatan yang akan dilakukan secara terstruktur akan membuat kinerja lebih terarah. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara untuk mencapai target? Seperti apa rancangan promosi agar trafic bisnis meningkat? Serta banyak hal yang dapat dijadikan poin-poin penting dalam menentukan strategi pemasaran.

  • Rencana keuangan

Keuangan tidak akan bisa lepas dari bisnis. Buatlah rencana keuangan yang matang agar bisnis dapat berjalan lancar dan langgeng. Tentu Miks ingin bisnis yang digeluti tak hanya seumur jagung, bukan? Oleh karena itu buatlah sistem manajemen keuangan dengan baik, rapi, dan disiplin dalam pengelolaannya.

Mulai jualan

Jika perencanaan matang telah disiapkan dengan matang, maka saatnya beraksi. Mulailah bisnis dengan penuh keyakinan dan semangat. Cara yang dapat dilakukan antara lain:

  • Buat daily to do list

Tiap kali melakukan pekerjaan, alangkah lebih baik jika Miks selalu membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan. Selain pekerjaan akan semakin jelas dan terararh, membuat daily to do list akan memudahkan kita untuk mencapai target bisnis yang telah ditetapkan.

  • Aktifkan semua media sosial dan marketplace

Setiap aktivitas jual beli tentu membutuhkan tempat untuk menunjukan sebuah bisnis. Media sosial dan marketplace dapat dijadikan etalase untuk menawarkan produk atau jasa pada konsumen. Miks dapat memanfaatkan media sosial atau marketplace yang ada, baik yang gratis maupun berbayar.

  • Konsisten

Salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah konsisten. Bangun semangat dari awal dan kuatkan tekad untuk terus mengembangkan bisnis online.

  • Bekerja dalam tim

Jika Miks merasa butuh kerepotan mengelola bisnis sendiri, mulailah membuat tim untuk membantu aktivitas bisnis. Sistem delegasi akan sangat membantu semua sistem kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan lancar. Beri edukasi dan job desc pada semua tim sesuai dengan kemampuan agar mereka dapat bekerja dengan optimal.

Evaluasi

Sebuah evaluasi dapat menjadi tolak ukur untuk menilai sistem yang telah dirancang. Keberhasilan atau mungkin hasil yang belum maksimal akan menjadi bahan untuk melakukan perbaikan ataupun inovasi baru dalam bisnis.

  • Sistem bisnis dari hulu ke hilir

Buatlah evaluasi secara menyeluruh. Mulai dari rencana, pelaksanaan kegiatan harian, review produk atau jasa, hingga respon dari konsumen. Evaluasi yang dilakukan dengan holistik akan membantu Miks menilai tingkat keberhasilan sebuah sistem dalam bisnis.

  • Rancang inovasi baru

Buatlah penyesuaian rencana dari evaluasi yang telah dilakukan. Perbaiki yang masih belum maksimal dan pertahankan bahkan tambah lagi apa yang telah berhasil diraih. Selalu menciptakan inovasi baru akan membuat calon konsumen tertarik dan para pelanggan semakin nyaman.

Bisnis online memang terlihat sangat menggiurkan. Peluang semakin terbuka lebar seiring dengan perkembangan media teknologi. Namun keberhasilan sebuah bisnis tetap akan ditentukan oleh kinerja kita sebagai pelakunya.

Apakah Miks tertarik miliki bisnis baru? Semoga tips dan trik memulai bisnis online ini dapat membantu. Semangat!

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-11

4 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like