Ini Dia Manfaat dan Trik agar Anak Dekat Bersama Ayahnya!

Bermain Bersama Ayah [pixabay.com]

Hai, Miks!

Slogan bahwa tugas seorang ayah adalah pencari nafkah sedangkan ibu mengasuh anak di rumah sebisa mungkin harus kita perluas kembali maknanya. Ingat, mendidik anak bukanlah seutuhnya hanya tugas seorang istri, meskipun waktunya lebih banyak dihabiskan dengan seorang anak.

Anak yang memiliki kedekatan bersama ayahnya dan yang tidak tentu memiliki perbedaan yang berarti. Kenapa seorang anak harus dekat dengan ayahnya? Karena manfaat yang akan didapat tentu saja besar, sebesar pengorbanan seorang ayah untuk anaknya. Sudah capek bekerja di luar rumah lantas masih mengikuti perkembangan anak di rumah.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa begitu banyak manfaat ketika anak dekat dengan ayahnya. Sebagaimana yang diambil dari banyak sumber bahwa manfaat kedekatan anak dan ayah adalah anak akan tumbuh lebih cerdas, lebih percaya diri, emosi menjadi lebih stabil, lebih mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar juga ketika besar nanti tidak akan mudah tergoda dengan narkoba, minuman keras atau hal-hal yang tak bermanfaat lainnya. Nah, begitu banyak manfaatnya bukan? Lantas bagaimana triknya agar anak bisa dekat dengan ayah?

1. Bermain Bersama Ayah

Bermain bersama ayah tentunya berbeda ketika bermain bersama ibu. Kekuatan fisik dan motorik tentunya akan lebih banyak terkuras. Anda bisa meminta suami untuk bermain bersama anak ketika Anda sedang memasak, mencuci atau sedang mengerjakan pekerjaan rumah.

Anak-anak bisa bermain atau belajar bersepeda, bermain lempar tangkap bola, atau permainan sejenisnya yang disukai oleh anak. Dan, tentu saja akan lebih baik bermain tanpa ada gadget agar anak bisa mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya.

2. Membacakan Buku Cerita

Membacakan buku untuk si kecil entah untuk mengisi kebosanan di rumah atau sebelum tidur bisa juga dilakukan ditemani oleh ayah. Jadi, Anda bersama pasangan bisa saling mengatur jadwalnya. Misalnya, selang seling setiap harinya atau setiap pekan berganti, tergantung kesepakatan dan keberadaan ayah di rumah.

Dengan ayah membacakan buku bagi si kecil hal ini akan memperkuat ikatan emosial anak dan ayah. Selain itu menurut beberapa penelitian menunjukan anak yang sering dibacakan buku oleh ayah akan terbantu perkembangan bahasa anak, membantu membentuk prilaku anak jadi lebih baik, bahkan bisa mengurangi kadar stress pada ayah.

3. Mencuci Kendaraan Bersama

Aktivitas membersihkan mobil atau motor bersama si kecil memang terasa menghebohkan. Namun, percayalah sejatinya anak bisa diajak kerjasama untuk membersihkan. Apalagi dengan adanya cipratan-cipratan air yang terkena dari selang ketika membersihkan kendaraan. Belum lagi ditambah busa yang melimpah. Anak-anak pastinya senang bila diberi kesempatan memegang spons sambil menggosok beberapa bagian kendaraan. Ini akan memberikannya pengalaman tersendiri baginya di kemudian hari.

Itulah manfaat beserta trik agar anak bisa dekat bersama sang ayah di rumah. Semoga ayah di rumah pun bisa diajak bekerjasama ya, Miks! Selamat mencoba!

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke -11

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like