Tips Menyimpan Telur

Tips Menyimpan Telur [pixabay.com]

Tips Menyimpan Telur

Hai, Miks!

Telur adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak protein. Selain diolah menjadi lauk, telur juga adalah merupakan bahan baku pembuatan kue dan roti. Oleh karenanya, sebagian besar ibu rumah tangga selalu menyediakan stok telur dirumah.

Namun jika penyimpanan telur tidak dilakukan dengan baik, maka telur akan mudah rusak dan akhirnya akan terbuang percuma.
Apakah ada tips dan trik untuk membuat stok telur dirumah kita bisa bertahan lebih lama?

Mari kita simak beberapa tips dan trik berikut ini.

1. Pilihlah telur yang baru, utuh dan tidak ada retakan di cangkangnya. Hal ini adalah proses pertama yang sangant penting dalam penyimpanan telur yang baik. Jika memungkinkan, kita bisa membeli telur yang tercantum tanggal kadaluarsanya. Namun jika tidak, carilah penjual yang menyediakan telur segar dan anda yakin akan hal itu.

2. Jangan membersihkan telur dengan mencuci lalu menyimpannya. Sebaiknya anda mencuci telur saat akan dimasak. Karena mencuci telur hanya akan membuat lapisan pelindung alami yang ada akan hilang. Selain itu proses pencucian juga akan menyebabkan kulit telur menjadi lembab dan akan menyebabkan bakteri lebih gampang berkembang.

3. Jika akan menyimpan telur di dalam lemari es, letakkan dalam wadah tertutup rapat dan pastikan wadah tersebut dalam keadaan kering. Wadah tertutup rapat ini dapat menghindarkan telur terkontaminasi bau dari bahan makanan lain di lemari es. Hal ini desebabkan karena cangkang telur mempunyai pori-pori halus.

4. Simpan telur dibagian dalam lemari es. Jangan disisi pintu lemari es. Karena pintu selalu dibuka dan ditutup, maka akan dapat menyebabkan perubahan suhu.

5. Selalu sediakan beberapa butir telur yang disimpan dalam suhu ruangan dan dalam wadah terbuka agar sewaktu waktu dibutuhkan untuk membuat kue atau roti, telur sudah siap dipergunakan tanpa perlu menetralkan suhu dari kulkas lagi.

Nah, itulah beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan jika ingin menyimpan telur agar lebih awet dan jika dipergunakan akan selalu dalam kondisi baik. Dan yang terpenting adalah, kandungan-kandungan penting didalam telur dapat tetap baik pada saat di konsumsi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Miks!

Tantangan Makmood Publishing hari ke-11

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like