Bahagia Dengan Manajemen Waktu yang Tepat

Source: Pixabay.com

Bahagia Dengan Manajemen Waktu yang Tepat

Hai Miks!

Apakah selalu menghadapi hari-hari dengan aktifitas padat? Padat oleh pekerjaan, belajar, dan aktifitas lainnya?

Di masa seperti sekarang, kesibukan yang menyita waktu bukanlah hal yang tidak biasa. Padatnya jadwal harian tidak hanya dimonopoli oleh pekerja di sektor formal saja. Saat ini, bahkan ibu rumah tangga pun memiliki jadwal padat.

Jika kita tak pandai mengatur, maka hampir dipastikan kita tidak akan bisa menyelesaikan semua aktifitas harian kita. Atau jika dipaksakan, maka akan menyebabkan apa yang kita kerjakan tidak akan selesai maksimal dan dengan hasil yang memuaskan.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar semua kegiatan harian bisa terlaksana dengan baik?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan diantaranya :

1. Buat Daftar Aktifitas

Membuat daftar aktifitaa harian bisa dilakukan malam hari sebelum istirahat. Catat apa saja yang akan dilakukan esok hari, agar bisa terlihat seberapa banyak aktifitas yang akan kita lakukan.

2. Buat Skala Prioritas

Letakkan aktifitas yang paling penting dan harus segera diselesaikan pada hari itu. Lalu diikuti aktifitas-aktifitas lain setelahnya.
Penyusunan skala prioritas ini akan memudahkan kita menggunakan waktu seefektif mungkin untuk semua rencana harian kita.

3. Tetapkan Perkiraan Waktu Setiap Aktifitas

Dengan memetapkan perkiraan waktu penyelesaian di setiap aktifitas harian yang sudah didaftar, maka akan mudah memperkirakan seberapa banyak aktifitas yang dapat di selesaikan dalam satu hari itu.
Ini akan membuat waktu kita dapat lebih efektif.

4. Fokus

Fokus pada setiap aktifitas yang sudah diletakkan pada daftar prioritas membuat pencapaian dan hasil akan lebih mudah dicapai.

5. Disiplin

Lakukan semua dengan disiplin. Karena walaupun kita sudah membuat daftar aktifitas, daftar skala prioritas dan menetapkan perkiraan waktu, namun jika tidak disiplin, maka hasil yang maksimal tidak akan bisa tercapai.

6. Evaluasi

Evaluasi bisa kita lakukan setiap hari sebelum membuat daftar aktifitas baru untuk esok hari. Dari evaluasi tersebut bisa dilihat mana yang masih harus diperbaiki dari segi waktu, skala prioritas dan cara mencapai hasil yang maksimal.

7. Lakukan Dengan Bahagia

Bahagia membuat kita lebih bersemangat. Dan pengaturan aktifitas dapat membuat kita bahagia. Luar biasa bukan?

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa mengatur waktu dengan efektif dan hasil yang maksimal.
Intinya, apapun aktifitas kita, lakukan dengan bahagia dan semangat yang tinggi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tantangan Makmood Publishing hari ke-12

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like