Ini lho, 5 Trik dan Tips agar Hidup selalu Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Source: pexels.com

Ini Lho, 5 Trik dan Tips agar Hidup Selalu Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Hai, Miks!

Kesehatan adalah mahkota setiap manusia. Apa pun bisa Anda lakukan bila tubuh anda sehat. 5 trik dan tips ini bisa dicoba ya, Miks! Agar tubuh Anda selalu sehat.

1. Konsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau dan berdaun sangat kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh dan diet seimbang. Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas.

2.Rutin berolahraga
Berolahraga secara rutin sangat penting bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing. Berolahraga dengan teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

3. Penuhi kebutuhan vitamin D
Vitamin D memiliki peran yang penting dalam mengatur kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Keduanya sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu penyerapan kalsium yang dapat mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat
Kekurangan Vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik banyak terdapat pada kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Namun sebelum mengkonsumsi suplemen konsultasi dulu ke dokter ya, Miks!

4. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

5. Pandai mengelola stres
Stres berkepanjangan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.
Ketika seseorang mengalami stres, hormon kortisol dan adrenalin akan meningkat di dalam tubuh dan memicu penyakit jantung, gangguan pencernaan, bahkan depresi. Ada banyak cara untuk menghilangkan stress, diantaranya Anda bisa pergi rekreasi atau berbagi cerita dengan orang terdekat.
Selamat mencoba tips dan trik ini ya, Miks! Semoga bermanfaat.

#Tantangan menulis Makmood Publishing

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like