Langkah-Langkah Jitu Agar Semua Tugas Selesai Tepat Waktu

Source: pexels.com

Halo Miks!

Ada orang-orang yang sepertinya super sibuk, waktu 24 jam sehari rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Di sisi lain, ada orang-orang yang kelihatannya santai tapi tetap bisa menyelesaikan tugas-tugas mereka tepat waktu. Kenapa bisa begitu, ya? Kuncinya adalah di manajemen waktu. Orang yang manajemen waktunya buruk, akan selalu merasa kekurangan waktu  dan terburu-buru dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Sementara orang dengan manajemen waktu yang baik, biasanya bisa mengatur penyelesaian tugas-tugasnya dengan lebih baik. Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk manajemen waktu yang baik.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Bila Anda punya beberapa hal atau tugas yang harus diselesaikan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan skala prioritas. Tentukan lebih dulu hal atau tugas apa yang paling penting dan harus segera diselesaikan, tugas yang mana yang bisa dikerjakan kemudian, dan bahkan bila ada hal-hal yang tidak penting, ya tidak usah dilakukan kalau tidak cukup waktunya. Dengan membuat skala prioritas, Anda bisa membagi waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang memang harus selesai tepat waktu.

  1. Buat To-Do-List

Jika sudah membuat skala prioritas, langkah berikutnya adalah membuat To-Do-List atau daftar tugas yang harus diselesaikan dalam satu hari. Ini penting, supaya Anda tidak lupa mengerjakan tugas yang harus dikerjakan pada hari itu. To-Do-List dibuat berdasarkan skala prioritas juga ya, dan di dalamnya bisa juga dicantumkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas. Anda bisa membuat To-Do-List ini menggunakan kertas yang ditempel di kulkas, atau buat semacam reminder di hand phone Anda. Yang penting Anda bisa mengakses daftar ini dengan mudah.

  1. Segera Lakukan Rencana Anda

Setelah membuat skala prioritas dan To-Do-List, segera lakukan rencana Anda dan jangan menunda-nunda. Bila Anda tidak segera melakukan tugas-tugas Anda, rencana Anda bisa berantakan,lo. Terkadang terjadi hal-hal yang tidak direncanakan, seperti listrik mati, jalan macet, pengiriman barang yang tidak tepat waktu atau hal-hal lain yang tidak terduga. Lebih baik selesaikan tugas anda di awal, sehingga Anda memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan setelah semua tugas Anda selesai. Ini lebih baik daripada Anda lakukan tugas mendekati  batas waktu atau Deadline (DL) karena Anda merasa punya banyak waktu. Akhirnya malah tugas-tugas yang harus diselesaikan segera menjadi tidak selesai karena hal-hal di luar dugaan yang terjadi.

  1. Libatkan Anggota Keluarga

Sebagai ibu dan istri, bekerja atau tidak, Anda pasti memiliki tugas-tugas rumah tangga yang harus diselesaikan setiap hari. Bila Anda tidak memiliki asisten rumah tangga, Anda bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk berbagi tugas. Berikan tugas yang ringan pada anak yang lebih kecil, dan tugas yang lebih berat pada kakaknya. Minimal ajarkan mereka untuk bertanggung jawab pada barang-barang milik mereka sendiri. Bila mungkin, sekali-kali ajak juga suami mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga. Dengan demikian Anda tidak harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga sendirian, dan masih punya waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai.

 

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk manajemen waktu yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-12

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like