Manajemen Waktu Bagi Ibu yang Bekerja Dari Rumah, Wajib Kamu Baca!

Manajemen Waktu [pixabay.com]

 

Halo, Miks!

Setiap orang pasti mempunyai cita-cita dan harapan akan hari esok yang akan digapainya. Berbagai cara dilakukan agar tujuan yang dicita-citakan tercapai. Berbagai buku dibaca, pelatihan diikuti, peluang coba diraihnya. Akan tetapi semua itu belum membuahkan hasil yang maksimal. Ada yang salah dengan semua itu. Ternyata ada satu hal yang lupa untuk dikelola, apakah Itu? Iya, untuk mencapai semua tujuan itu ada hal yang tidak boleh dilalaikan, yaitu manajemen waktu.

Manajemen waktu atau  time management adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan pengawasan, terhadap produktivitas waktu. Pengelolaan waktu adalah salah satu hal pokok dalam mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Bagi ibu rumah tangga, mengelola waktu menjadi salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki. Apalagi bila Ibu  mempunyai kegiatan di luar kesibukannya sebagai ibu rumah tangga.

Di era millennial dan New Normal ini, setiap ibu rumah tangga banyak yang memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga, pebisnis, pekerja, guru, penulis, atau pun pekerjaan lain yang memerlukan manajemen waktu yang dikelola dengan seksama. Masing-masing harus mengelola waktunya secara efektif dan efisien, mengerjakan sesuai perencanaan dan dalam waktu tertentu harus menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan produktif sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya. Itulah yang dimaksud dengan manajemen waktu.

Tujuan disusun dan ditetapkannya manajemen waktu adalah untuk :

  1. Manajemen waktu membantu menentukan pengelolaan beberapa pekerjaan, sehingga bisa ditentukan skala prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
  2. Manajemen waktu membantu menghindarkan dari benturan dua pekerjaan sekaligus untuk diselesaikan.
  3. Manajemen waktu membantu menghindarkan dari keinginan menunda-nunda pekerjaan yang berakibat terdesaknya beberapa pekerjaan sekaligus.
  4. Manajemen waktu membantu untuk pengelolaan pekerjaan dan evaluasi pekerjaan lalu untuk pekerjaan selanjutnya.

Secara pribadi atau personal, dengan manajemen waktu, akan membantu kita secara personal untuk lebih fokus, disiplin, komitmen, mempunyai integritas diri yang baik, lebih dipercaya, dan produktivitas tinggi.

Lalu, bagaimana Miks, cara kita bisa mengelola waktu dengan baik? Manajemen waktu yang seperti apa yang efektif dan efisien? Yuk, simak tips berikut!

 

  1. Tentukan Skala Prioritas Pekerjaan

Saat ini, Ibu rumah tangga mempunyai peluang yang sangat besar untuk belajar lebih banyak, untuk menambah ilmu agama dan menghasilkan pemasukan dari berbagai sumber dengan bekerja dari rumah. Buatlah daftar list, pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan, dan kapan waktu penyelesaiannya. Buatlah skala prioritas dari daftar list tersebut sesuai dengan jenis pekerjaan. Pisahkan antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan di luar rumah.

 

  1. Membuat Time Line Sesuai Skala Prioritas

Setelah membuat skala prioritas, buatlah time line dari setiap jenis pekerjaan tersebut dalam satu hari, satu minggu, satu bulan, sampai waktu penyelesaiannya. Setelah itu, kita mengerjakan sesuai time line yang telah dibuat. Time line dibuat dengan tetap memprioritaskan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, sehingga tidak mengganggu tugas pokoknya.

 

  1. Disiplin pada Time Line yang Telah Dibuat

Miks, ini yang terkadang kita langgar. Kita harus mempunyai komitmen yang kuat untuk disiplin mengerjakan tugas sesuai time line yang sudah disusun. Kedisiplinan dalam manajemen waktu itu sangat penting. Sikap disiplin mengawal manajemen waktu agar efektif berfungsi dalam setiap tugas-tugas kita.

 

  1. Fokus

Ketika kita sudah membuat skala prioritas dan time line waktunya, maka tugas kita adalah fokus untuk melaksanakannya. sesuai time line, dan jangan berpindah pekerjaan sebelum selesai satu pekerjaan tersebut.

 

  1. Membuat Strategi Pencapaian

Membuat strategi pencapaian tentu saja yang realistis dan sesuai kemampuan. Evaluasi pekerjaan sebelumnya dan pencapaiannya. Lanjutkan dan perbaikan terus menerus.

 

  1. Realisasikan Pekerjaan Sesuai Manajemen Waktu

Disiplin untuk merealisasikan pekerjaan dan terapkan strategi pencapaian yang telah disusun.  agar bisa selesai tepat waktu, sehingga bisa berpindah ke pekerjaan lain.

 

  1. Lakukan Evaluasi Harian, Mingguan, dan Bulanan

Lakukan evaluasi harian, mingguan dan bulanan. Perbaiki strategi pencapaian dan time line sesuai hasil evaluasi. Barangkali perlu perubahan skala prioritas dan time line di tengah jalan. Hal tersebut bisa dilakukan, apabila ada hal yang lebih urgent dan perlu segera diselesaikan.

 

Nah, Miks, bagaimana? Sudah siap bekerja dari rumah tanpa ribet dan stress? Dengan manajemen waktu, kita akan lebih teratur dan terarah bekerja kan, Miks? Harapannya, rumah tangga beres, pekerjaan lancer dan menghasilkan. Ya, kan?

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like