Memanfaatkan Waktu Lebih Baik Agar Hidup Lebih Bemakna

Source: source : kompasiana.com

Halo, Miks!

 

Bagi setiap orang, satuan waktu yang terpenting ialah masa hidupnya sendiri di dunia. Ia menandai masa hidup pribadinya menjadi tahap-tahap kehidupan pribadi dengan kejadian penting yang hanya terjadi sekali saja. Kelahirannya, perkawinannya, kelahiran anak-anaknya merupakan tonggak dalam sejarah yang diperingati dengan perayaan hari ulang tahun dan hari peringatan lainnya.

Setiap hari dalam 24 jam, anda sudah menggunakan waktu yang terbagi-bagi dengan kegiatan yang berbeda-beda. Jika kita bekerja di luar rumah, kita menggunakan 7 jam waktu dalam sehari untuk bekerja, sisanya bersama keluarga serta melakukan kegiatan sosial lainnya. Supaya anda bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor, kehidupan sosial dan keluarga ada baiknya mencatat jadwal kegiatan selama sebulan, dimulai dengan mencatat hal yang terpenting contoh jadwal bertemu klien, rapat kantor, perjalanan dinas, kemudian diisi dengan jadwal test anak-anak, arisan keluarga, arisan kampung dan jadwal travelling bersama keluarga. Kemudan baru jadwal kegitatan sehari-hari dari bangun pagi jam 6 sampai jam 10 malam di akhir kegiatan. Setelah anda menyusun kegiatan tersebut diharapkan mematuhi peraturan yang telah dibuat, sehingga kegiatan anda terschedule dengan rapi.

Miks, Apasih manfaat penyusunan management waktu buat diri pribadi berikut penjelasannya:

  1. Kemampuan Individu Dalam Mencapai Produktivitas dan Efisiensi Yang Lebih Besar

Dengan schedule kegiatan yang sudah terjadwal, akan lebih mudah bagi setiap pribadi melakukan suatu pekerjaan. Dan hasil dari jadwal yang tersusun secara rapi tersebut akan memberikan efisiensi dalam bekerja, karena kita tidak membuang waktu secara percuma.

 

 

 

  1. Terhindar Dari Tekanan Atau Stress Akan Berkurang

Pekerjaan yang sudah terjadwal dari yang tingkat urgentnya sangat tinggi hingga biasa, akan memudahkan anda mendahulukan mana pekerjaan yang penting sehingga anda akan terhindar dari stress karena tekanan pekerjaan. Dengan mendahulukan pekerjaan yang urgent, maka kita juga bersikap profesional terhadap pekerjaan karena bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

  1. Memiliki Reputasi Professional Yang Lebih Baik

Karena anda terbiasa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka akan dipandang sebagai pribadi yang profesional. Dan atasan serta teman kerjapun akan senang bekerjasama dengan anda. Dengan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya dalam bisnis dan bekerja perusahaan akan cepat maju dan berkembang. Karena waktu bagi seorang bisnis adalah uang.

  1. Membantu Meningkatkan Peluang Dalam Mencapai Kesuksesan

Point-point penting yang kita susun dalam schedule untuk mencapai kesuksesan akan mudah diraih. Memahami, mengerti dan menjalankan schedule penting yang kita buat akan membuka peluang bagi anda untuk mencapai kesuksesan.

  1. Memiliki Keseimbangan Dalam Kehidupan Pribadi Dan Kesempatan Karir Yang Lebih Baik

Dengan membuat schedule yang terbagi dalam tahunan. bulanan dan harian, baik dalam hal pekerjaan dan kehidupan pribadi/keluarga, kehidupan kita akan tertata, otomatis akan tercapai keseimbangan dalam hal pekerjaan dan keluarga. Dan kehidupan anda akan lebih bahagia dengan tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal diluar schedule pribadi anda. Memainkan ponsel seharian akan banyak menyita waktu anda untuk melakuka pekerjaan yang lebih produktif. Jadi mulai memahami makna pentingnya managemen waktu ini.

Nah, Miks pada intinya management waktu tujuannya menyelesaikan dan mencapai target kegiatan yang dilakukan sesuai dengan deadline yang sudah diteteapkan. Sehingga anda terbiasa menjadi pribadi yang menghargai waktu, profesional dan hidup akan terarah karena terbiasa dengan kedisplinan karena waktu sangat berharga. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like