Tidak Hanya Nyaman, Inilah Tips Rumah yang Aman untuk Anak!

Source: pexels.com

TIPS RUMAH AMAN UNTUK ANAK 

 

Halo Miks!

Memiliki rumah yang nyaman adalah harapan setiap keluarga. Setiap anggota keluarga memiliki persepsi kenyamanannya masing-masing. Namun, dalam prosesnya sering kali kepala rumah tangga abai terhadap keamanan dalam rumah. Keamanan ini penting, lo, Miks! Karena apa artinya rumah nyaman bila tidak aman?

Menjaga keselamatan anak merupakan kewajiban orang tua. Hal ini tidak hanya berupa pengawasan anak secara kontinyu, tapi juga mengkondisikan rumah agar anak terhindar dari bahaya yang dapat mengancam jiwanya. Lalu, bagaimana bentuk rumah yang aman untuk anak? Berikut tipsnya. 

1. Aman di Dapur dan Ruang Makan

Dapur dan ruang makan merupakan bagian rumah yang paling padat, karena di ruangan ini biasanya diletakkan perkakas rumah tangga. Perkakas rumah tangga ini ada yang berupa elektronik ada juga yang manual. Miks, sebaiknya simpan alat-alat elektronik di tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak. Terutama barang tajam. 

Perhatikan kondisi barang elektronik, kabel dan indikator kelistrikan. Bila kabelnya sudah terkelupas, tutup dengan selotip atau ganti dengan kabel baru. Bersihkan kompor dan oven secara berkala agar bekerja dengan lancar. Dan jangan menumpuk barang-barang di tempat yang tinggi dengan penyangga yang rapuh. Ini beresiko mencelakai anak bila barang jatuh.

2. Aman di Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan tempat yang sering digunakan anak untuk beraktifitas. Sebaiknya menempatkan perkakas yang aman untuk menghindari cedera bila anak terjatuh. Seperti menempatkan barang-barang yang lembut dan empuk di sekitarnya. Mengingatkan anak agar menyimpan mainan yang keras di tempatnya setelah bermain, atau tidak meletakkannya berceceran. 

Selsin itu, tempatkan colokan listrik jauh dari jangkauan anak, atau ditutup saja untuk menghindari resiko tersetrum. Bila ada karpet yang terburai di ruang keluarga, sebaiknya diberi selotip ke lantai untuk menghindarkan anak dari jatuh tersandung karpet.

3. Aman di Gudang

Gudang dalam rumah biasanya difungsikan untuk menyimpan peralatan yang jarang digunakan di rumah. Seperti alat-alat kebersihan, tangga portabel, alat-alat pertukangan, sisa-sisa cairan pembersih atau cat. Bagaimana memfungsikan gudang dengan aman? 

Kondisikan gudang selalu dalam keadaan tertutup. Walaupun bukan tempat rutin untuk beraktifitas, selalu bersihkan gudang dari ceceran cairan yang mudah terbakar. Buang botol-botol yang tidak terpakai atau simpan dalam karung untuk dijual ke pengepul. Hindari menyalakan api di dalam gudang. Berikan penerangan yang baik dalam gudang. 

Bila Miks punya tong besar berisi cairan, tutup tong agar anak terhindar dari resiko tenggelam di dalamnya.

4. Aman di Tangga

Menyenangkan, ya, bila memiliki rumah yang luas. Terutama rumah yang terbagi menjadi beberapa lantai. Kita bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam membuat dan mengkondisikan tangga yang aman bagi anak. Hendaknya membuat anak tangga yang tidak terlalu tinggi dan curam. Buat anak tangga yang landai dan leluasa. Hindari menempatkan anak tangga yang melingkar dan sempit. Jangan lupa memberi pegangan sepanjang tangga dan menutup pinggir tangga.

5. Aman di Kamar Tidur

Kamar dengan interior yang indah memberikan kenyamanan saat tidur. Namun, harus hati-hati dalam penggunaan cat interior kamar. Karena, beberapa cat ada yang mengandung timah yang membahayakan bila serpihannya tertelan anak. Demikian juga penggunaan wallpaper atau furnitur kayu yang ditempel. Karena, lem untuk menempelkan furnitur mengandung formaldehida yang dapat mengeluarkan gas beracun. 

Pertimbangkan juga bila ingin menaruh karpet yang nyaman dalam kamar, seperti karpet yang berbulu halus dan tinggi. Walaupun terasa nyaman, karpet seperti ini mudah menjadi sarang debu, tengu, jamur dan mikroba lain yang menyebabkan gatal dan alergi. Bila ingin menempatkan karpet di kamar, sebaiknya pilih karpet berbahan lateks natural atau berbahan rami. 

 

Oke, Miks. Demikian tips yang bisa dilakukan agar rumah menjadi tempat aman dan nyaman untuk ditinggali. Hal yang perlu diingat, kemampuan anak semakin bertambah dari hari ke hari, dengan demikian level keamanan pun akan berubah terus menerus.  Jangan lengah, ya, Miks. Tetap waspada. 

Ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari ke-11

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like