HIDUP TERJAMIN DI USIA TUA, INI YANG PERLU DIPERSIAPKAN

Di Hari Tua Hidup Bahagia [pixabay.com]

 

Halo, Miks!

Banyak orang menginginkan kaya tetapi mereka lupa untuk menyisihkan uang dan menabung, akibatnya ketika masa pensiun tidak mempunyai uang untuk kebutuhan hidup mereka padahal  orang yang sudah tua memerlukan biaya yang lumayan besar karena pada usia tersebut sering sakit dan memerlukan biaya untuk pengobatan ke dokter. Para orang tua yang sudah masa pensiun sudah tidak mempunyai penghasilan, kadang mereka harus mengandalkan anak mereka untuk biaya hidupnya. Ini yang kadang membuat kita menyesal karena tidak mempunyai tabungan ketika kita masih muda.

Apa yang harus dilakukan agar hidup terjamin di hari tua? Berikut tahapan yang perlu anda lakukan sebelum mencapai tujuan :

  1. Mengumpulkan Modal

Pada saat usia 20 tahun dimana tubuh kita masih sehat dan kuat adalah waktu yang tepat mengumpulkan modal. Pada usia tersebut kamu harus sering mengumpulkan uang, minimal setengah dari uang bulanan yang diberikan orang tua atau gaji selama satu bulan jika kamu sudah memiliki pekerjaan.

  1. Lunasi Hutang

Ada beberapa cara agar hutang kita dapat kita lunasi dengan cepat dengan metode bola salju, membuat daftar hutang dan melunasinya dari yang paling kecil kemudian mulai dengan hutang selanjutnya. Kamu tidak pelu melunasi semuanya tetapi setidaknya sudah mempunyai gambaran akan melunasi di usia 20-30 tahunan, sehingga ketika kita sudah memasuki masa pensiun kita sudah terbebas dari hutang dan fokus pada kehidupan.

  1. Menabung Untuk Pensiun

Jika di usia 30 tahun kamu sudah bekerja lebih baik memikirkan dana pensiun dari sekarang. Kita bisa memilih menabung di bank atau mengikuti program asuransi. Semakin kita cepat menabung di usia muda maka dana pensiun yang dikumpulkan akan semakin besar.

  1. Mulailah Berinvestasi

Cara yang bisa kita tempuh supaya tercapai tujuan  hidup terjamin di masa pensiun dengan berinvestasi. Sekarang banyak ditawarkan berbagai macam investasi buat pemula seperti tabungan emas, reksadana, deposito. Anda bisa memilih mana yang paling sesuai kemampuan. Semakin banyak kita berinvestasi maka akan mempercepat tujuan. Namun, sebelum berinvestasi ada baiknya memahami dulu cara yang benar dalam berinvestasi. Ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada teman kantor, sahabat, atau orang yang sudah berpengalaman.

  1. Melakukan Bisnis

Mulai berbisnis akan menambah penghasilan. Jika kita mempunyai gaji pokok itu yang kita tabung dan biaya hidup sehari-hari dengan melakukan bisnis yang sesuai passion kita. Sehingga dana yang kita kumpulkan untuk pensiun cepat terkumpul.

Miks, itulah 5 langkah yang bisa kita lakukan supaya kita bisa hidup terjamin di usia tua.Semakin kita disiplin menabung, tidak boros dan mampu mengelola uang dengan baik di usia muda, disaat usia senja akan hidup bahagia bersama anak dan cucu kita. Semoga bermanfaat.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like