Ini Dia 5 Trik Mengenalkan Uang pada Si Kecil!

Source: deerwoodbank.com

Hai, Miks!

Mengenalkan uang pada si kecil memang tidak mudah. Namun, manfaat yang akan dirasakan oleh anak tentunya akan jauh lebih besar. Dengan memperkenalkan uang pada si kecil, maka Anak akan menjadi tahu betapa pentingnya uang serta menabung di kemudian hari.

Lantas bagaimana caranya agar si kecil mulai mengenal yang namanya uang? Nah, berikut 5 triknya!

1. Kenalkan Bentuk Uang

Ketika anak berusia 3 tahun atau lebih Anda bisa mengenalkan si kecil beragam bentuk uang. Katakan padanya ada uang logam ada juga yang kertas. Sambil diberi kesempatan kepada ank untuk sekadar memegangnya sambil mengatakan jumlah nominal yang ada di dalamnya.

2. Belajar Sambil Bermain

Anda juga bisa mengenalkan uang dengan cara bermain. Misalnya, bermain jual beli mainan yang ada di rumah. Anda bisa berperan sebagai penjualnya kemudian menanyakan kepada si kecil mau membeli barang yang mana? Kemudian ajarkan untuk memberikan uang terlebih dahulu sebelum mengambil barangnya.

Lakukan ini berulang-ulang agar anak bisa mengetahui kalau untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan terkadang kita harus memiliki uang terlebih dahulu agar barang yang diinginkan bisa didapatkan.

3. Ajak Anak ke ATM/Bank

Untuk anak yang sudah berusia tiga tahun ke atas Anda bisa mengajaknya untuk pergi ke ATM/Bank. Hal ini bertujuan agar anak tahu bahwa ada cari lain untuk menyimpan dan mengambil uang. Uang tak selamanya hanya bisa disimpan di dompet atau celengan. Ada cara modern untuk menyimpan uang dengan cara yang jauh lebih aman.

Awalnya, anak mungkin akan bingung karena ini tidak biasa dan tentu saja Anda harus siap menjawab segala macam pertanyaan yang muncul dari pikirannya. Kenapa di mesin itu ada uangnya? Bagaimana cara uang masuk di dalam mesin tersebut? Berapa banyak uang yang ada di mesin tersebut? Kapan dia akan habis? Nah, siapkan apa jawabannya ya, Miks!

4. Ajak Anak Berbelanja Sambil Melihat Harga yang Tertera

Ketika berbelanja biasanya anak akan senang sekali bila diajak. Nah, jadikan momen bahagia ini sebagai salah satu sarananya untuk belajar melihat harga. Apalagi bila anak sedang senang-senang belajar calistung tentu ini menjadi momen belajar yang membahagiakan baginya.

Setiap barang yang ingin diambilnya Anda bisa memastikan si kecil tahu berapa harganya. Ada angka berapa saja yang tertera dalam kemasan barang tersebut. Kemudian sepulangnya di rumah Anda bisa mengulanginya lagi agar si kecil tahu nominal barang tersebut.

5. Ajarkan Menabung

Mengajarkan anak menabung sebisa mungkin dimulai sejak dini. Caranya? Anda bisa memberikannya sejumlah uang kemudian biarkan si kecil yang memasukkannya ke dalam celengan. Katakan padanya celengan itu miliknya, semakin banyak ia memasukan uang di dalamnya itu berarti uang yang dimilikinya pun semakin banyak. Nantinya, si kecil bisa membeli barang yang disukainya dengan uangnya sendiri.

Begitupun ketika saudara atau teman-teman terdekat kita memberikan uang untuk si kecil ketika sedang silaturahmi ke rumah. Jangan lupa untuk mengingatkan si kecil agar uangnya disimpan di celengan. Hal ini tentu akan membuatnya senang dan terbiasa menabung sejak dini.

Nah, itulah 5 trik mengajarkan uang pada si kecil. Semoga si kecil bisa belajar banyak hal lewat uang.selamat mencoba ya, Miks!

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-13

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like