Strategi Jitu Kelola Keuangan di Masa Pandemi

Strategi Kelola Keuangan [pixabay.com]

Hai Miks….

How is your life treathing you today?

Sudah tiga bulan lebih kita diresahkan dengan penyebaran COVID 19. Mulai terasa dampaknya di berbagai sisi kehidupan, terutama terhadap perekonomian yang dampaknya pasti sangat luar biasa. Banyak perusahaan yang merugi dan merumahkan karyawannya sementara waktu ataupun Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selamanya. Tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar akibat tidak bisa bertahan pada kondisi pandemi ini.

Kita pun merasa dilanda kekhawatiran karea tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita di kemudian harinya, harus selalu bersyukur andaikan masih bertahan dengan kondisi yang baik seperti memiliki pekerjaan, akan tetapi, harus tetap berikhtiar andaikan kita juga terdampak corona, mengalami PHK.

Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi, hal ini membuat saya dan Anda harus mempersiapkan kondisi keuangan untuk berbagai hal terburuk yang mungkin terjadi. Kita pun tidak tahu kapan pandemik covid-19 akan berakhir. jadi,  kita atur langkah dan strategi jitu kelola uang di masa pandemi, simak ya Miks!

 

  1. Evaluasi Sumber Penghasilan yang Anda Miliki

           Di masa pendemi ini pasti ada perubahan dan penurunan penghasilan, apapun sumber penghasilan yang anda miliki, pasti memiliki risiko penurunan. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi, sebaiknya Anda melakukan evaluasi terhadap sumber penghasilan yang Anda miliki, sejalan dengan pengeluaran yang Anda miliki setiap bulannya. Jika ada pos pengeluaran yang memungkinkan untuk dilakukan pemangkasan, ada baiknya segera Anda lakukan, sehingga  Anda memiliki persiapan menghadapi kemungkinan yang tak terduga nantinya.

 

  1. Hindari Membeli Kebutuhan yang tidak Mendesak apalagi dengan harus Mencicil.

 

Anda mesti bijak memilah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi dengan yang tidak mendesak saat harus membelanjakan uang yang Anda miliki. Semisal keinginan membeli gawai karena tergiur type gawai terbaru. Apalagi jika memaksakan diri sampai harus   mencicil. Big No, sebaiknya tahan keinginan hingga kondisi pandemik  membaik. Saat sekarang, sebaiknya Anda melakukan penghematan, hingga nanti kembali ke kondisi normal dan perekonomian stabil.

 

  1. Carilah Penghasilan Tambahan

Jika Anda memiliki kemampuan dan kebisaan lainnya yang dapat menjadi peluang bisnis, ada baiknya coba Anda kembangkan. Lakukan penjajakan pasar terhadap kemungkinan produk atau jasa yang Anda tawarkan, misalnya bisnis makanan siap saji dengan layanan pesan antar, memberikan layanan service kendaraan yang datang ke rumah, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya mencoba kerja sampingan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi Anda dan keluarga.

 

  1. Utamakan Belanja hanya Kebutuhan Pokok

 

Di masa pandemi ini, utamakan belanja hanya kebutuhan pokok keluarga yang dikonsumsi dan dibutuhkan  sehari-hari. Hindari pembelian barang yang tidak penting termasuk juga jajan. Upayakan berhemat kebutuhan rumah tangga, semisal penggunaan sabun mandi dan shampoo.

Selama masa pandemic yang mengharuskan kita semua di Rumah aja, tentu Anda dapat menghemat uang transport yang biasa digunakan untuk ke Sekolah dan ke Kantor, serta biaya makan di Luar. Dana tersebut bisa menjadi tabungan atau dana tak terduga yang bermanfaat saat terdesak masalah keuangan.

 

  1. Berhemat dan Menabung

 

Sedapat mungkin lakukan penghematan terhadap pengeluaran pribadi dan rumah tangga, sehingga Anda dapat menabung. Begitupun dari penghasilan tambahan yang Anda peroleh dapat Anda tabung atau belanjakan investasi, seperti emas. Hal ini sangat penting untuk jaga-jaga kemungkinan pahit yang mungkin saja melanda keuangan Anda.

Demikian Miks, tidak salah bukan jika Anda Persiapkan semua.

#TantanganMakmoodPublishing

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like