3 Tips Menabung Di Masa Sulit

Menabung dengan Cara Tidak Biasa [pixabay.com]

Hai, Miks!

Selama di rumah saja, tentunya bagi sebagian orang menjadi masa yang sulit untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa tempat usaha menjadi gulung tikar karena pandemi COVID-19. Miks, musibah yang melanda dunia seperti pandemi COVID-19 ini membuat kita belajar bahwa pentingnya menabung pada saat kondisi keuangan kita sedang baik.
Masa sulit bukan berarti kita tidak bisa menabung, Miks. Bisa kok, asal dilandasi dengan niat yang kuat dan disiplin. Tujuan utama kita menabung itu untuk apa, itulah yang harus kita capai.Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tipsnya!

1. Menabung Berdasarkan Tanggal

Miks, menabung berdasarkan tanggal adalah menabung menurut tanggal yang sedang berjalan. Contoh, jika sekarang tanggal 28, berarti Anda menabung sebanyak Rp. 28.000,-. Besok tanggal 29, Anda menabung Rp. 29.000,-. Jika kembali ke tanggal 1, Anda menabung Rp. 1.000,-. Begitu seterusnya mengikuti tanggal berjalan sampai tiba ke akhir bulan yaitu tanggal 30 atau 31, berarti anda harus menabung Rp. 30.000,- atau Rp. 31.000,-.

2. Menabung Berdasarkan Nilai Mata Uang

Menabung dengan cara ini adalah menabung dengan memilih mata uang yang jarang ditemukan atau sedikit intensitas perputarannya dalam kegiatan transaksi sehari-hari.
Sebagai contoh, pecahan Rp. 20.000,- mulai jarang ditemukan sehari-hari ketimbang pecahan Rp. 5.000,- atau Rp. 10.000,-. Jika Anda menemukan pecahan uang itu, segera tabung, Miks! Cara ini memang tidak teratur karena tidak setiap hari kita menemukan pecahan dengan nilai itu, tapi jika Anda disiplin, akan terasa hasilnya.

3. Menabung dengan Cara yang Tidak Biasa

Pilihlah tempat yang tidak biasa untuk menabung, Miks. Kalau Anda biasa menabung di celengan yang beli di pasar. Cobalah pilih dari benda-benda disekitar Anda. Contoh, botol bekas air mineral. Gunakan yang ukuran besar ya, Miks. Kalau tidak ada, ukuran yang biasa juga tidak apa-apa. Simpanlah uang itu di dalam botol, terus menabung di situ sampai terisi penuh, dan mulailah dengan botol yang baru.

Miks, menabung itu sangat perlu. Usahakan menyisihkan sedikit dari uang Anda, dan pastikan dengan yang sedikit itu tidak untuk Anda gunakan kalau tidak dalam keadaan mendesak. Jangan menggunakan uang untuk hal yang tidak penting dan tidak butuh. Kita tidak selamanya sehat dan keadaan tidak selamanya baik. Anda tetap harus disiplin dalam mengatur uang.

Happy saving, Miks!

#TantanganMenulisMakmooodPublishingHariKe-14

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like