9 Cara Menabung Ala Pengusaha Sukses

Menabung ala Pengusaha [pixabay.com]

Bang bing bung yoooo, kita nabung…

Hai Miks, masih ingat dengan lirik salah satu lagu anak itu? Kali ini MP memang ingin bahas soal menabung. Tapi, ini khusus cara menabung yang biasa dilakukan oleh pengusaha sukses. Mau ikuti caranya? Yuk kita simak tips berikut ini.

Tentukan visi misi

Visi misi yang jelas akan membantu Miks untuk fokus dalam meraih cita-cita. Maka ketika akan memulai bisnis, buatlah tujuan dan strategi yang akan dilakukan. Kuatkanlah tekad untuk menjadikan bisnis Anda sebagai jalan investasi untuk jangka panjang. Dengan demikian Miks dapat menata aktivitas di dalamnya, termasuk mengelola keuangan sebaik mungkin.

Buat rencana keuangan bisnis

Membuat perencanaan dengan baik tetap menjadi langkah awal yang harus dilakukan. Tentukan skema profesional agar dapat menjadi acuan dalam melakukan kegiatan bisnis. Regulasi keuangan yang dirancang dengan benar akan membantu Anda untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Menabung dalam jumlah besar

Kebiasaan yang sering dilakukan ketika menabung adalah menyisihkan sisa uang yang ada. Jauhkan konsep seperti ini. Buatlah target menabung yang jelas dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah yang besar. Hal ini akan memberi motivasi khusus bagi Miks untuk bekerja keras sehingga dapat menyimpan uang yang suatu saat nanti akan berguna untuk mengembangkan bisnis.

Investasikan tabungan dengan bijak

Sah-sah saja seorang pengusaha menginvestasikan tabungannya dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis. Berinvestasi tabungan tak harus dalam jumlah besar. Lakukanlah dengan bertahap, namun jelas dalam perhitungannya. Tak harus juga berinvestasi besar untuk mendapat keuntungan besar, namun investasi kecil dengan laba kecil pun akan sangat berarti jika dapat berlaku untuk jangka panjang.

Tidak meminjam uang

Berutang dalam bisnis memang sudah lumrah dilakukan. Dengan alasan menambah modal, menambal kegiatan operasional, atau hal lainnya. Namun harus disadari bahwa berutang akan menambah beban bisnis, apalagi jika Miks meminjam dengan menggunakan bunga tinggi. Lambat laun ini akan menjadi jeratan yang sulit untuk dilepaskan. Kuatkan hati untuk menggunakan modal mandiri dan mengembangkannya dengan hasil tabungan sendiri pula.

Atur penawaran jual beli yang terbaik

Untuk mendapatkan keuntungan, transaksi bisnis tentu akan dilakukan dalam aktivitas harian. Buatlah penawaran jual beli sebaik mungkin. Tak hanya mencari profit besar, namun juga harus memikirkan keuntungan jangka panjang. Membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga tinggi, namun tetap harus mengutamakan kualitas agar tetap memberi kenyamanan serta keuntungan, baik sebagai konsumen maupun produsen.

Waspada terhadap pengeluaran kecil

Miks mungkin akan menyoroti jumlah besar dalam pengeluaran. Tetapi sebenarnya pengeluaran kecil yang sering terjadi justru harus lebih diwaspadai. Pengeluaran kecil yang dilakukan terus menerus akan menjadi jumlah besar jika dilakukan di luar kontrol. Oleh karena itu kendalikanlah pengeluaran dengan fokus pada kebutuhan dan hindari pengeluaran kecil yang dapat mengganggu manajemen keuangan.

Disiplin terhadap  kegiatan keuangan

Lakukan administrasi keuangan dengan baik dan benar. Disiplin menjadi kunci agar Miks dapat tetap fokus terhadap tujuan dan kegiatan bisnis yan telah ditetapkan. Membuat perencanaan keuangan, mencatat arus kas dengan rapi dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan bisnis akan sangat membantu dalam kelancaran usaha Anda.

Bekerja keras

Setiap pengusaha sukses pasti milik kinerja yang baik. Mereka bekerja keras untuk fokus dalam mengembangkan bisnis yang telah dirintisnya. Termasuk dalam menabung agar menjadi investasi jangka panjang.

Miks, untuk mencapai kesuksesan tentu dibutuhkan upaya yang serius. Tips menabung di atas tak hanya akan berdampak positif terhadap keuangan bisnis, tapi juga untuk masa depan pribadi. Semoga ulasan 9 cara menabung ala pengusaha sukses dapat membantu Miks untuk mulai berinvestasi dengan baik.

Selamat mencoba!

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-14

 

 

20 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like