Agar Tetap Menabung Di Masa Pandemi, Inilah 5 Tips Yang Bisa Dicoba

 

Halo, Miks!

Di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini ekonomi secara global dan nasional mengalami kelesuan. Bisnis mengalami penurunan profit dan banyak pekerja yang dirumahkan bahkan PHK. Di saat ini setiap orang cenderung hidup hemat supaya uang tabungan tidak terkuras habis karena krisis ini. Bagi yang masih bekerja di kantor harus bersyukur karena banyak karyawan lain yang terkena PHK dampak pandemi ini.

Meskipun masa pandemi ini diupayakan tetap menabung agar target kita di masa pensiun tercapai. Anda bisa menggunakan cara menabung sesuai keinginan kita seperti asuransi, deposito, tabungan emas, reksadana. Jaman sekarang deposito juga memiliki nilai setor yang terjangkau bagi pekerja yang memiliki gaji dibawah 5 juta.

Ada 5 Tips agar di saat pandemi ini bisa menabung dan berinvestasi simak di bawah ini, ya :

  1. Terapkan Sistim Pembagian Pendapatan

40% untuk biaya hidup, mengalokasikan pendapatan kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

30% untuk kesenangan, kita juga butuh hiburan dan liburan untuk melepas penat karena pekerjaan di kantor.

20% untuk tabungan, dengan memilih beragam investasi yang sesuai dengan setoran anda

10% untuk beramal, sisihkan gaji kita untuk membantu sesama karena apa yang kita tanam kelak kita sendiri yang menuai. Belajar empati meskipun kondisi sulit akan menarik banyak rejeki lain.

  1. Menyisihkan Uang Receh

Terkadang kita menyepelekan uang recehan yang bertebaran di mana-mana, padahal kalau kita kumpulkan akan menghasilkan uang yang lumayan banyak. Buatlah celengan bisa dari apa saja dan upayakan untuk mengisi celengan setiap hari dengan nominal 2000-10.000 tergantung kemampuan, harus konsisten ya, biar hasil tabungannya pun cepat banyak.

  1. Meminta Kembalian Belanja

Ketika kita berbelanja di supermarket dan minimarket ada kalanya uang kembalian kita diganti dengan produk yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Anda bisa meminta kembalian berupa uang yang bisa kita masukkan ke celengan yang kita buat sehari-hari.

  1. Memasak Sendiri

Daripada jajan setiap hari lebih baik mulai memasak supaya lebih hemat. Jika setiap kali kita makan diluar menghabiskan Rp.50.000, lebih baik kita belanjakan di tukang sayur bisa untuk persediaan 3 hari kedepan. Lebih hemat kan? Sisa uang belanja bisa menambah tabungan kita.

  1. Mengurangi Hang Out Dengan Teman

Seringkali kita mendapat ajakan teman untuk pergi bersama nonton, makan bersama, jalan-jalan. Nah, dimasa pandemi ini dengan penerapan social distancing mulai dikurangi pergi bersama teman. Disamping menjaga kesehatan kita juga bisa berhemat.

 

Miks, itulah 5 tips yang bisa diterapakan agar kita tetap bisa menabung di masa sulit ini. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya, mulai sekarang sudah mulai mempersiapkan tabungan agar tidak menyesal di kemudian hari, sesuai peribahasa `Sedia Payung Sebelum Hujan`. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like