Menabung di Masa Sulit, Kenapa Tidak!

Cerdas Menabung [pixabay.com]

Hai Miks!

Apakah Anda pernah atau tengah mengalami masa sulit ? Terutama dalam hal keuangan yang kekurangan dan sulit memenuhi kebutuhan. Jangan kan untuk memikirkan menabung, semua rencana yang sudah direncanakan mendadak buyar, bukan begitu Miks.

Sebenarnya masa sulit tidak akan membuat kita dihantui kekhawatiran masalah keuangan yang menghimpit asalkan kita selalu menjaga kebiasaan berhemat dan menabung dalam kondisi apapun. Menurut Anda, mungkin gak sii menabung di saat sulit? Menabung di masa sulit kenapa tidak?  Simak tips berikut yang mesti Anda coba.

  1. Tetapkan anggaran

Saat menerima gaji bulanan, Anda sudah harus mengetahui seberapa pengeluaran Anda. Jumlah pengeluaran Anda selama satu bulan  sudah harus Anda tetapkan  mulai saat menerima uang gaji atau penghasilan Anda. Dan Anda harus selalu mematuhi konsekuensi dari anggaran yang telah anda tetapkan di awal.

  1. Auto Debit dari Rekening Gaji

Sepertinya perlu sedikit memaksa diri sendiri untuk menabung dengan menggunakan fasilitas Auto debit dari rekening tempat menerima ke rekening lain atas nama Anda. Hal ini dapat Anda minfakan bantuan ke petugas bank untuk mengaktifkan layanan auto debit sejumlah uang yang akan otomaris berpindah ke rekening tabungan anda lainnya. Jika Anda menggunakan layanan ini, usahakan rekening tabungan lainnya tersebut tidak perlu menggunakan fasilitas Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dapat memudahkan Anda melakukan penarikan tunai kapanpun dan dimanpun.

  1. Kurangi Kebiasaan Makan dan Ngopi Cantik di Luar

Tahan diri Anda untuk tidak perlu menghabiskan waktu di luar dan kurangi kebiasaan makan dan ngopi cantik di Resto-resto terkenal. Anda bisa memulai untuk mencoba memasak sendiri makanan Restoran yang Anda inginkan atau memesan melalui layanan siap antar untuk menghemat biaya bensin, dan Anda bisa mencoba mulai menyeduh kopi saset sendiri, ketimbang Anda harus membayar mahal kopi yang Anda minum di Resto kenamaan sekedar memuaskan rasa gengsi.

  1. Beralih pada Penggunaan Transportasi Umum

Jika biasanya kemana-mana Anda menggunakan kendaraan pribadi yang mengharuskan Anda mengeluarkan ekstra uang untuk membeli bahan bakar, untuk biaya Tol, untuk biaya parkir dan lain sebagainya. Saatnya, Anda mesti mencari alternatif pilihan kendaraan dengan biaya yang lebih murah. Saatnya beralih ke penggunaan kendaaan umum. Anda hanya cukup membayar sejumlah uang sebagai ongkos, selanjutnya  dengan mudah Anda tiba di tempat tujuan.

  1. Manfaatkan semua Fasilitas yang Cuma-cuma

Manfaatkan berbagai fasilitas yang diberikan secara Cuma-Cuma, misalnya hotspot gratis yang ada di ruang publik untuk menghemat pemakaian kuota pribadi Anda. Anda pun bisa berselancar melalui fasiltas internet gratis yang ada di tempat umum, seperti perpustakaan.

  1. Pangkas Pengeluaran yang tidak Penting

Semisal waktu Anda lebih banyak berada di Kantor, dan jarang ada orang yang berada di Rumah, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali masalah berlangganan televise berbayar, begitupun untuk jaringan internet. Batasi penggunaan jaringan internet untuk berselancar pada hal yang kurang penting dan kurang tepat.

  1. Kerjakan Apa yang dapat Dikerjakan Sendiri

Dalam rangka penghematan, upayakan kamu mengerjakan sendiri semua yang dapat Anda kerjakan, sehingga Anda tidak perlu  mengeluarkan uang untuk layanan. Seperti Anda dapat mencuci baju sendiri dan tidak menggunakan jasa londry sementara waktu.

Demikian Tips yang dapat kamu coba, semoga berhasil ya Miks.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like