Menabung di Saat Sulit, Mungkinkah? Intip, Yuk, 5 Trik Berikut Ini

Sisihkan Uang Kertas dan Receh [pixabay.com]

Hai, Miks!

 

Kegiatan menabung dapat dikatakan sepele tetapi kadang sulit dilakukan. Menabung bukanlah hal yang sulit, hanya membutuhkan kesungguhan dan komitmen. Apalagi di masa sulit seperti ini, masih mungkinkah untuk menabung? Jawabannya adalah sangat mungkin.

Lantas bagaimana caranya agar tetap  bisa menabung di masa sulit? Mari disimak.

  1. Membayar Kebutuhan Rutin atau Primer

Prioritaskan untuk membayar kebutuhan rutin seperti tagihan listrik, air, biaya sekolah, makan untuk satu bulan, dan lain-lain. Memenuhi kebutuhan rutin merupakan langkah dasar mengatur keuangan agar dapat tercapai kebebasan finansial termasuk menabung. Setelah membayar kebutuhan rutin baru melirik untuk kebutuhan sekunder. Jadi minimal tidak akan menggerus tabungan yang sudah ada walaupun dalam kondisi sulit.

 

  1. Wajib Menabung

Seberapa pun penghasilan Anda, usahakan kegiatan menabung tetap dilakukan. Sisihkan 10% dari penghasilan yang diterima untuk menabung tidak perlu banyak yang penting rutin. Dengan mendahulukan menabung dan membayar kebutuhan rutin membuat keuangan mnejadi sehat dan pastinya tidak menghambur-hamburkan uang untuk kebutuhan yang tidak semestinya.

 

  1. Pangkaslah Biaya Bulanan

Salah satu cara agar tetap bisa menabung di saat sulit yaitu dengan memangkas biaya bulanan yang bersifat tersier. Misalnya biaya jalan-jalan, langganan telvisi, atau sekadar perdi ke salon untuk perawatan tubuh. Minimalkan seminimal mungkin kebutuhan tersebut, atau kurang intensitasnya.

 

  1. Memanfaatkan Sistem Autodebet di Rekening Anda

Hampir semua bank memiliki sistem autodebet rekening untuk dapat memotong sebagian uang Anda yang ada di rekening. Jumlah yang dipotog tentu saja yang sudah disepakati, begitu juga dengan tanggal pendebetan. Misalnya meminta ke pihak bank pendebetan sehari setelah gajian. Sistem autodebet ini memudahkan Anda menabung secara otomatis.

 

  1. Sisihkan Uang Kertas atau Uag Receh

Ingin menabung manual? Bisa juga dengan menyisihkan uang kertas terkecil yang ada di dompet. Namun ini perlu tekad yang kuat dan konsisten. Lihat isi dompet Anda dan sisihkan segera uang kertas terkecil. Misalnya ada lembaran sepuluh ribu, lima ribu, dan dua ribu. Berarti yang Anda sisihkan uang kertas dua ribuan. Atur waktu untuk menjaga konsistensi, misalnya malam hari sebelum tidur atau pagi hari setelah berbelanja. Cari waktu senyaman mungkin. Begitu  juga dengan uang receh, jangan anggap sepele, ya. Carilah tempat yang cukup besar untuk menempatkan uang receh Anda.

 

Bagaimana? Tidak sulit, kan? Ayo mulai sekarang menabung sesuai yang paling pas menurut Anda. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

 

 

#TantanganMenulisMakMoodPublishing

#Day14

#Menabungdimasasulitmungkinkah?

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like