Inilah 6 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

source: pixabay.com

Halo, Miks!

Istilah new normal menjadi topik yang hangat dibicarakan setelah pemerintah melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). New normal adalah istilah yang digunakan untuk menjalankan aktivitas normal, namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh sangat penting dilakukan untuk melakukan aktivitas di tengah pandemi Covid-19. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat berperan untuk melawan virus atau bakteri. Gaya hidup sehat diperlukan untuk menunjang sistem kekebalan tubuh tersebut.

Qonita Rachman, Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, menuturkan bahwa fase new normal merupakan batu loncatan untuk menjaga asupan makanan dan gizi. Kurangi makanan manis, berlemak, konsumsi makanan bergizi, dan masak di rumah merupakan cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Miks, 6 tips sederhana berikut dapat dicoba untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga Anda.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi makanan bergizi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain makanan yang mengandung antioksidan. Makanan sebagai sumber antioksidan terbaik adalah buah dan sayur segar, biji-bijian dan kacang-kacangan. Secara umum semakin kuat warna buah dan sayuran, kandungan antioksidannya semakin tinggi. Antioksidan melindungi sel tubuh dengan mengubah atau menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel tubuh sehingga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan virus.

  1. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Namun, aktivitas fisik dalam berolahraga harus dilakukan dengan tepat sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Olahraga berlebihan dengan intensitas yang tinggi justru dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga rentan terserang penyakit.

Olahraga juga dapat meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh, menyehatkan jantung, serta memaksimalkan pertumbuhan tulang pada anak. Olahraga juga dapat menurunkan hormon stres, sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh. Olahraga ringan yang dapat dilakukan bersama keluarga antara lain jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin yang dilakukan paling tidak 4-5 kali dalam seminggu. Jangan lupa perhatikan faktor keamanan sehingga Anda dan keluarga tidak tertular virus ya.

  1. Tidur

Tidur yang cukup juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang akan lebih mudah sakit jika terkena virus ketika kurang tidur. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat mengurangi jumlah sel penangkal penyakit di dalam tubuh. Tidur dapat mengembalikan energi dan membantu meningkatkan sistem imunitas. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam dalam sehari.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur juga lebih mudah terserang penyakit. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Boston menyatakan  bahwa bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur dalam sehari selama 18 jam, balita 12-13 jam, dan anak prasekolah 10 jam. Pastikan bahwa anak Anda tidur cukup setiap harinya.

  1. Minum Air Putih

Tubuh manusia sebagian besar mengandung air. Kekurangan cairan akan menyebabkan masalah kesehatan. Minum delapan gelas air per hari dapat menjaga kebutuhan cairan tubuh. Anda juga dapat menggunakan acuan 0,03 L air per kg berat badan untuk menentukan kebutuhan cairan tubuh.

  1. Tidak Merokok

Polusi kendaraan dan asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Asap dari polusi ini dapat menginfeksi organ pernapasan, sehingga rentan terkena penyakit seperti asma dan bronchitis. Anak-anak lebih rentan terinfeksi karena polusi. Menghilangkan kebiasaan merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dalam melawan infeksi virus.

  1. Kelola Stres

Stres dapat  menurunkan daya tahan tubuh. Lakukan usaha untuk tetap melakukan manajemen stres. Jangan mudah percaya dengan informasi yang tersebar di media, terutama media sosial yang kerap menyebarkan berita hoax. Jangan lupa untuk istirahat. Bekerja terlalu keras akan membuat Anda mudah stres sehingga akan menurunkan daya tahan tubuh.

Nah, Miks. Meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mudah, kan. Ajak orang-orang terkasih Anda untuk melakukannya ya.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-15

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like