Olahraga Bersepeda Sedang Tren!  Inilah Manfaat Bersepeda Secara Rutin Bagi Wanita

Bersepeda [pixabay.com]

 

Hai, Miks!

Dunia saat ini sedang dalam masa pandemi Corona. Protokol kesehatan untuk pencegahan Corona menganjurkan semua orang untuk tetap berdiam di rumah, kecuali melakukan hal-hal yang penting dan mendesak. Hal ini menimbulkan kebosanan dan kejenuhan yang melanda semua lapisan masyarakat. Berbagai cara dilakukan agar tetap bisa bahagia, sehat, dan bisa beraktivitas, tetapi masih dalam batas seminimal mungkin berinteraksi dengan orang lain. Apalagi, sekarang sudah dalam masa liburan sekolah.

Salah satu kegiatan yang sedang tren dan menjadi gaya hidup sehat di masyarakat adalah melakukan olahraga bersepeda. Sangat pas momennya dengan Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day) pada tanggal 3 Juni lalu. Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Sepeda Dunia pada saat Sidang Majelis PBB yang ke 72 tahun 2018. Tujuannya adalah untuk menggaungkan gaya hidup sehat pada seluruh lapisan masyarakat dunia. Iya, bersepeda adalah olahraga yang sederhana, bersih, sehat, ramah lingkungan, dan terjangkau masyarakat.

Bagi sebagian wanita, dengan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus bekerja maupun berbisnis atau melakukan kegiatan lain, kadang tidak sempat melakukan olahraga. Padahal berolahraga sangat penting bagi kesehatan dan lancarnya metaboliseme tubuh. Semestinya tetap dialokasikan waktu untuk melakukan olahraga, walaupun hanya seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Nah, Miks! Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah olahraga bersepeda. Banyak manfaat olahraga sepeda bagi wanita, lo. Apa saja manfaatnya? Kita simak, yuk!

Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Wanita Adalah :

  1. Tubuh Lebih Sehat dan Fit, Terhindar dari Resiko Penyakit

Bersepeda sebagai aktivitas yang sehat membantu tubuh dalam mengontrol detak jantung,  mencegah resiko mudah lelah, menstabilkan diabetes, dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini berefek kepada stabilnya tekanan darah, kesehatan jantung, dan mencegah diabetes. Tubuh juga tidak mudah lelah dan sakit.

 

  1. Membentuk Otot Kaki

Bersepeda secara rutin akan membantu pembentukan otot kaki, terutama di area paha depan, paha belakang, dan betis. Paha dan betis akan terlihat lebih ramping. Dalam keadaan duduk pun, bila otot kaki telah terbentuk dengan baik, akan lebih mudah membakar kalori walaupun dalam keadaan duduk.

 

  1. Membakar Kalori dan Membantu Masalah Obesitas

Melakukan olahraga bersepeda selama satu jam, akan membakar kalori sebanyak 400 sampai 1000 kalori tergantung dari intesitas dan beban kayuhan. Semakin lama waktu bersepeda dan makin berat beban kayuhanmu, maka kalori yang terbakar juga semakin banyak. Sehingga masalah obesitasmu juga akan teratasi, ya, Miks!

 

  1. Menjaga Kekuatan Sendi

Ada empat hal yang membuat wanita lebih rentan terkena penyakit artritis, yaitu faktor genetika, obesitas, biologis, dan hormon.  Gangguan sendi pada wanita banyak diderita wanita yang obesitas. Dengan berolahraga sepeda secara rutin, maka gangguan sendi dan obesitas dapat dikurangi resikonya.

 

  1. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Miks, bagi kamu yang sering nyeri saat haid, maka bersepedalah. Olahraga bersepeda mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh tubuh, termasuk gangguan nyeri saat haid. Pada saat kita bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan lebih lancar dan oksigen tersalurkan ke semua otot tubuh. Maka, berolahraga sepeda di saat haid juga baik untuk dilakukan.

 

  1. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Resiko kanker payudara masih menjadi penyakit nomor satu bagi wanita. Hasil penelitian menerangkan bahwa, rutin bersepeda bagi wanita dapat mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Bahkan bagi yang rutin secara lima tahun berturut-turut melakukan olahraga sepeda, jarang terpapar penyakit kanker dan serangan jantung.

 

  1. Mengurangi Stress dan Menjaga Kesehatan Mental

Hai, Miks, wanita mudah mengalami stress, depresi, dan cemas, dikarenakan kondisi hormon yang sering berubah. Dengan rajin berolahraga, peredaran darah lancar dan suplai oksigen ke otak juga lancar. Hal ini menjaga kesehatan mental kamu, lo. Tidak gampang stress dan cemas. Olahraga bersepeda adalah olahraga yang sangat bagus untuk kesehatan mental. Disamping melancarkan peredaran darah karena aktifitas fisikmu, bersepeda membuat rileks karena berada di ruang terbuka dan menyegarkan pikiran.

 

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Imsomnia bisa disembuhkan dengan rajin berolahraga sepeda secara rutin. Bersepeda bisa membuat tidurmu lebih nyenyak, karena kondisi tubuh yang segar dan fit setelah bersepeda menjadikan tubuh lebih rileks saat beristirahat.

Nah, Miks! Ternyata manfaat bersepeda sangat banyak ya bagi wanita. Terutama yang berkaitan dengan nyeri haid dan obesitas. Itu kan masalah wanita yang paling banyak terjadi kan, Miks? Ayo, berolahraga sepeda secara rutin,  jangan lupa, tetap menerapkan protokol kesehatan ya, Miks!

Tantangan MAkmood Publishing hari ke-15

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like