Stop Cemas Saat Menjadi Freelancer Dengan Tips Menabung!

Manajemen Diri [pixabay.com]

Hai. apakah ada diantara Miks yang menjadi freelance? Sebagian besar pekerja lepas sering merasa cemas soal keuangan. Jangankan menabung, untuk kebutuhan harian pun harus berusaha lebih keras untuk dapat menutupinya. Nah, ulasan berikut ini akan membahas tips menabung sebagai upaya menghentikan cemas saat menjadi freelancer.

Mencari peluang kerja yang lebih banyak

Sebagai freelancer tentu Miks memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan pekerjaan di beberapa tempat. Jika pandai mengatur waktu dan juga menjaga konsentrasi dengan baik, setiap peluang dapat diambil. Namun tetaplah untuk dapat mengukur kemampuan agar tidak memberi efek buruk pada kinerja dan juga nama baik.

Fokus terhadap pekerjaan

Kualitas kerja sebagai freelancer akan berdampak pada pendapatan yang diperoleh. Dengan memberi performa kerja yang baik akan memberi peluang Miks untuk bertahan atau bahkan mengembangkan kegiatan kerja lepasnya. Sesuai dengan tips pertama, semakin banyak mendapatkan peluang kerja yang banyak maka pekerjaan itu harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Manage keuangan dengan baik

Penghasilan yang diperoleh dari freelancer akan sesuai dengan job yang diterima, sehingga bersifat tidak tetap. Maka Miks harus dapat mengelola keuangan sebaik mungkin, salah satu caranya adalah dengan membuat kontrol  yang baik terhadap pengeluaran dan pemasukan. Seleksi pengeluaran dengan membuat skala prioritas lalu sesuaikan dengan pemasukan yang diterima.

Sederhanakan keinginan

Kacaunya keuangan biasa terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Ketika pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan, tentu saja akan beresiko kondisi keuangan dan memberi resiko jelek terhadap keberlangsungan hidup. Cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol pengeluaran adalah dengan menyederhanakan keinginan. Fokuslah hanya pada kebutuhan yang penting dan memiliki nilai manfaat yang besar.

Mulai investasi dalam bentuk lain

Investasi tak selalu berupa uang. Seorang freelancer dapat juga berinvestasi dengan skill yang dimilikinya. Misal, seorang programmer bisa ikut dalam sebuah project dengan berinvestasi pengetahuannya. Jika kemudian hari project tersebut berhasil, bukan hal mustahil akan mendatangkan keuntungan berupa nominal.

Mulai menabung

Berapa pun rupiah yang dihasilkan, selalu upayakan untuk menabung. Kebiasaan ini akan dapat memberi hasil optimal jika dilakukan dengan konsisten. Prinsip sedikit demi sedikit akan menjadi bukit bukanlah hanya sebagai pepatah belaka, namun telah banyak orang yang membuktikannya.

Kerja keras

Untuk dapat penghasilan yang stabil tentu dibutuhkan kerja keras. Walau sebagai freelancer, Miks dapat menutupi kebutuhan dan menabung seperti pekerja tetap lainnya hanya dengan kerja keras.

Menjadi freelancer memang sebuah pilihan yang penuh tantangan. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini. Tapi dengan menunjukan kinerja dan attitude yang baik, maka peluang akan selalu terbuka lebar. Tak hanya mencukup kebutuhan sehari-hari, tapi sangat mungkin untuk memiliki tabungan.

Ok Miks, stop cemas saat menjadi freelancer dengan tips menabung tadi ya. Semoga kondisi perekonomian Indonesia semakin membaik dan memberi dampak positif juga bagi kita semua. Semangat!

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-14

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like