Hiburan Bermanfaat Untuk Anak Selama Masa Pandemi, Nomor 5 Sedang Viral

Membuat Akuarium [pixabay.com]

Hallo Miks!

Tak terasa sudah hampir 5 bulan penerapan di rumah aja semenjak COVID-19 menyebar hampir di setiap daerah di Indonesia.

Anak-anak belajar di rumah, hingga Penilaian Akhir Semester (PAS) juga dilakukan secara online. Guru dan manajemen di sekolah berusaha tetap memberikan materi sesuai kurikulum dengan cara yang kreatif, disampaikan lewat online dan tetap berkomunikasi dan bertatap muka, membuat proses belajar anak-anak berjalan lancar.

Tentunya selama masa pandemi ini pula, pengaturan waktu anak-anak di rumah harus tetap di atur oleh orang tua, seperti waktu tidur, waktu bermain, waktu mengaji, waktu ibadah, dan waktu keluar rumah.

Nah dari pembagian waktu tersebut, pastinya selama 5 bulan lebih benyak menghabiskan waktu di rumah saja, membuat anak bosan dengan rutinitas, mereka sangat membutuhkan hiburan yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Berikut 5 kegiatan yang kreatif yang bisa menjadi hiburan anak-anak :

1. Bermain peran

Anak-anak pasti sangat menyukai permainan ini, tentu saja agar lebih asik dan seru, orang tua perlu ikut bermain bersama mereka. Contoh permainan peran :

  • Bermain peran guru-murid, prakteknya si kakak akan menjadi guru, dan si adek menjadi murid, alat yang dibutuhkan papan tulis, meja lipat, alat tulis, alat mewarnai, dan lain sebagainya yang biasa digunakan untuk proses mengajar.
  • Bermain peran majikan dan asisten rumah tangga, prakteknya sang ibu atau ayah sebagai majikannya dan anak-anak berperan menjadi asisten, dengan tujuan membersihkan rumah, permainan peran ini sangat membantu bersih-bersih rumah menjadi tak terasa berat.
  • Bermain peran penjual dan pembeli, prakteknya si kakak menjadi penjual, dan adiknya menjadi pembeli, proses jual beli berfungsi mengajarkan anak mengenal uang, dan percaya diri.
  • Bermain peran dokter dan pasien, prakteknya menggunakan alat-alat yang ada dirumah seperti senter, pengukur suhu, baju laboratorium, dan lain-lain permainan ini akan memicu anak untuk berempati.

2. Membuat rumah-rumahan

Imajinasi anak-anak dalam membuat rumah terdorong dari tontonan di youtube seperti cara membuat rumah dari kardus, dari kain, dengan menggunakan peralatan mudah yang ada di rumah. Orang tua sangat diperlukan untuk membantu anak mewujudkan rumah impiannya. Cukup dengan meberikan arahan dan biarkan mereka menyelesaikan.

3. Buat kolam ikan dan aquarium

Anak-anak dapat meniru tutorial dari you tube cara membuat kolam ikan atau cara menghias aquarium. Kegiatan ini akan menjadi seru dan mengasyikan, berikan anak pancingan dan saringan agar mereka bisa memindahkan ikan yang sudah dibeli ke dalam kolam atau aquarium yang sebelumnya sudah dibuat. Dijamin akan seru menangkap ikan.

4, Mencoba memasak di dapur

Kegiatan ini sangat penuh tantangan karena kegiatan memasak didapur memerlukan perhatian khusus oleh orang tua, lalu gimana caranya ? ajak anak untuk paham dahulu apa yang akan dibuat, entah masakan atau kue sama-sama memerlukan satu rangkaian kegiatan yang jelas dan mudah dipraktekan. lalu ajak anak berbelanja, menakar bahan dan membuatnya, saat menyalakan alta-alat dapur seperti kompor, blender, chooper, memegang pisau dan lain-lain, orang tua sudah harus membekali ilmunya. lalu berikan mereka kepercayaan diri yang kuat, rasa aman dan tanggung jawab saat telah selesai agar membersihkan ruangan dapur kembali.

5. Berprestasi melalui mengikuti kelas online

Masa pandemi membuat kelas online banyak menjadi pilihan, tak terkecuali untuk anak-anak, ajaklah anak untuk mau mengikuti kelas online yang menarik, yang membutuhkan praktek dan daya imajinasi yang seru.

Seperti mengikuti kelas online membuat bunga dari sabun, menulis cerpen dan menjadikannya buku, mengikuti kelas online membuat web, dan membuat animasi anak. pasti seru dan anak-anak akan sangat terhibur di rumah.

Itulah 5 kegiatan yang bisa menjadi hiburan anak-anak di rumah selama masa pandemi.

Silahkan dicoba di keluarga ya Miks.

 

 

Tantangan Makmood Publishing Hari ke-16

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like