Hiburan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Selama Masa Pandemi

Membaca Buku [pixabay.com]

Halo Miks!

Semua orang pasti perlu hiburan, untuk melepaskan kejenuhan dari kegiatan sehari-hari dan rutinitas tugas. Biasanya orang bisa mencari hiburan dengan cara jalan-jalan di mall, ke bioskop untuk menonton film, jalan-jalan ke tempat wisata dan masih banyak kegiatan outdoor (di luar rumah) lainnya. Tapi, sejak adanya pandemi  COVID-19, tempat-tempat umum seperti mall, tempat hiburan dan tempat wisata terpaksa ditutup. Orang-orang harus tetap tinggal di rumah dan hanya boleh keluar jika memang ada keperluan saja. Akhirnya banyak orang menjadi stress dan depresi karena mereka yang biasanya aktif beraktivitas di luar rumah, harus diam di rumah selama berbulan-bulan.

Sebenarnya kita tidak perlu merasa stress, apalagi sampai depresi, karena banyak kok hal menarik yang bisa kita lakukan selama kita di rumah saja. Walaupun kita tidak bisa pergi keluar rumah sebebas sebelum masa pandemic, kita tetap bisa mencari hiburan yang aman di rumah saja. Cari tahu, yuk!

 

  1. Bermain Bersama Anak

Selama masa PSBB, anak-anak juga harus belajar dari rumah. Supaya mereka tidak merasa bosan, kita bisa mengajak mereka bermain bersama sebagai hiburan. Permainan sederhana yang melibatkan aktivitas fisik dengan anak misalnya lempar tangkap bola, membuat bermacam-macam bentuk dengan play dough, olahraga ringan seperti senam dan lain sebagainya. Bisa juga mengajak anak membantu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, membersihkan rumah atau memasak.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk memancing kreativitas anak seperti menggambar dan mewarnai bersama, main tebak-tebakan menggunakan kartu bergambar, menyambung cerita atau membuat cerita bersama, main board game (papan permainan) yang berkaitan dengan materi pelajaran mereka seperti matematika atau bahasa Indonesia, membuat prakarya bersama dan kegiatan-kegiatan seru lainnya. Untuk permainan board game, Anda bisa membuat sendiri papan permainannya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak.

 

  1. Nonton Film

Bagi Anda penggemar drama Korea, atau film-film asing lainnya, menonton film dengan aplikasi di gawai juga bisa menjadi hiburan, lo. Memang rasanya berbeda dengan menonton di bioskop, tapi minimal Anda tetap bisa menonton film-film favorit Anda. Tapi perhatikan waktunya ya, Miks. Jangan sampai waktu Anda habis hanya untuk menonton drama Korea atau film secara marathon sementara pekerjaan Anda yang lain malah terbengkalai.

 

  1. Membaca Buku

Masa PSBB kemarin adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mulai baca buku lagi. kalau sebelum pandemi Anda disibukkan dengan berbagai macam kegiatan sehingga tidak sempat membaca, maka selama di rumah saja Anda punya banyak waktu untuk menghabiskan koleksi bacaaan Anda. Bila kurang suka dengan buku konvensional, Anda bisa juga membeli dan membaca ebook novel-novel karya pengarang favorit Anda melalui gawai Anda. Buku digital atau ebook lebih praktis dan ringan, serta mudah dibawa kemana saja. Tapi, jangan membacanya di kamar mandi ya, Miks. Nanti gawai Anda bisa jatuh tercemplung ke dalam ember atau bak mandi.

 

  1. Mempelajari Hal-Hal Baru

Ada banyak kelas-kelas daring (online) yang menawarkan berbagai macam keahlian, Miks. Misalnya kelas membuat dan mengedit foto dengan handphone, kelas menulis, kelas belajar bahasa asing sepereti bahasa Inggris dan bahasa Arab, kelas membuat video dan banyak lagi kelas lainnya. Kalau sebelum pandemi Anda tidak punya banyak waktu untuk mempelajari keahlian baru, maka sekarang saatnya Anda mulai mengembangkan kemampuan Anda sendiri. Ikutlah beberapa kelas daring yang sesuai dengan minat Anda dan lakukan tugas-tugasnya. Saat Anda mampu menyelesaikan tugas-tugas tersebut rasanya menyenangkan, lo. Anda juga bisa mendapat teman-teman baru dari komunitas baru Anda. Percaya deh, ini harus dicoba.

 

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai hiburan selama masa pandemi. Walaupun sekarang pemerintah sudah menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan selalu mengikuti protokol kesehatan bila keluar rumah. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-16

13 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like