Menonton Film Bersama Keluarga? Mengapa Tidak. Simak 7 Film Layak Tonton Ini

Laskar Pelangi [issachii.deviantart.com]

Halo, Miks!

Film merupakan salah satu hiburan bagi anak-anak. Melalui film, anak-anak dapat terpengaruh dan mencontoh karakter yang ada. Alasan ini yang menjadi dasar pentingnya menyeleksi film yang sesuai untuk mereka.

Sebelum memutuskan untuk menonton sebuah film, perhatikan keterangan usia yang tertera. Perhatikan pula muatan yang ada di dalamnya. Pilihlah film yang mengandung pesan yang baik dan edukatif, seperti mengajarkan anak-anak untuk bersikap baik atau mengenal agamanya sejak dini.

Miks, berikut 7 rekomendasi film sebagai alternatif pilihan untuk ditonton bersama keluarga.

  1. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi disutradarai oleh Riri Riza. Film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata ini mengisahkan persahabatan anak-anak SD di pulau Belitung. Film ini dapat menjadi pilihan karena anak-anak dapat belajar dari perjuangan teman-teman mereka untuk dapat bersekolah. Anak-anak juga dapat belajar bahwa keterbatasan tidak menghalangi untuk mencapai prestasi.

  1. Nussa dan Rara

Nussa dan Rara merupakan film garapan anak-anak muda Indonesia. Film Nussa dan Rara bertujuan untuk memberikan tontonan berkualitas bagi anak di Indonesia. Mario Irwinsyah beserta 4 Stripe Production menghadirkan sosok Nussa dan Rara akibat miris dengan keterbatasan tontonan anak-anak yang berkualitas. Penonton tayangan perdana Nussa dan Rara di Youtube mencapai 3,5 juta orang.

Film ini menceritakan tentang keseharian kakak dan adik bernama Nussa dan Rara. Nussa digambarkan sebagai penyandang celebral palsy, yakni gangguan otot dan saraf pada salah satu kaki sejak bayi sehingga mengharuskannya menggunakan kaki palsu. Meski begitu, Nussa selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan padanya. Karakter Nussa baik untuk dicontohkan pada anak-anak. Mereka akan belajar untuk tetap mencintai diri sendiri dan mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Film Nussa dan Rara menampilkan berbagai aktivitas harian anak-anak yang diiringi dengan informasi seputar agama dan juga doa sehari-hari. Sosok Uma dihadirkan untuk mendampingi keduanya. Film ini menyelipkan lagu-lagu untuk memudahkan anak-anak dalam menghafalkan doa, rukun Islam, rukun iman dan lainnya.

  1. Dodo dan Syamil

Film Dodo dan Syamil menceritakan persahabatan dua anak lelaki, pertama kali rilis tahun 2013. Masa anak-anak adalah masa bermain dengan sahabat terbaik. Tak jarang mereka salah paham dan bertengkar. Dodo digambarkan sebagai sosok yang lucu, berkepala botak, jahil, namun ceria. Syamil merupakan sosok yang pintar dan sabar. Syamil kerap memberi nasihat kepada Dodo ketika ia melakukan kesalahan. Keduanya sering mengingatkan untuk selalu bersyukur serta mengikuti segala kewajiban yang telah ditetapkan Allah. Film ini menyampaikan pesan untuk bersikap baik, sopan, dan santun dengan cara yang mudah diterima oleh anak-anak.

Film yang pertama kali tayang di bulan Ramadan tahun 2013 ini sukses memikat jutaan penonton. Dodo dan Syamil mendapat penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak berkualitas.

  1. Omar dan Hana

Omar dan Hana merupakan film kartun garapan Malaysia. Film ini menceritakan tentang Omar yang berusia 6 tahun dan adiknya Hana yang berusia 4 tahun. Keduanya gemar bernyanyi. Mereka  menyanyikan berbagai aktivitas yang dilakukan. Tak hanya menghibur, dalam lagunya, Omar dan Hana juga menyelipkan muatan pendidikan agama yang mudah dipahami anak-anak.

Kedua orang tua mereka ditampilkan sebagai karakter yang sangat memperhatikan tumbuh kembang kedua anaknya. Mereka berperan aktif dalam menanamkan ajaran-ajaran Islam. Mereka juga sering menyampaikan informasi tentang agama melalui lagu-lagu Islami yang dinyanyikan bersama Omar dan Hana.

Oh iya, banyak juga doa-doa yang diajarkan melalui film ini. Pada tahun 2018, Omar dan Hana ditampilkan sebagai pembaca doa berbuka puasa di salah satu televisi swasta Indonesia.

  1. Ali dan Sumaya

Film Ali dan Sumaya diproduksi oleh Imanimation Studios, mengisahkan tentang kakak beradik yang selalu ingin tahu tentang agamanya. Film ini diproduksi menggunakan teknologi animasi yang baik, sehingga terlihat menarik, penuh warna, dan menyenangkan.

Film ini menggambarkan situasi anak-anak jaman sekarang. Ali dan Sumaya mempunyai hobi membuat vlog mengenai aktivitas kesehariannya mereka. Film ini mengajarkan cara berwudhu, sholat lima waktu, membaca Al-Quran, dan lain-lain. Film kartun islami ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Melalui film ini, anak-anak dapat belajar tentang ilmu agama sekaligus bahasa Inggris.

  1. Lion King

Film Lion King merupakan pembuatan ulang dari versi kartunnya yang berjudul sama. Lion King merupakan film musikal dengan animasi photorealistic yang memukau. Lion King bercerita tentang Simba, seekor singa muda yang terlahir sebagai raja setelah ayahnya, Mufasa, terbunuh. Namun tidak semua hewan di hutan menyambut dengan suka cita kelahiran Simba. Saudara laki-laki ayahnya yang bernama Scar ingin merebut posisinya sebagai raja. Scar melakukan berbagai cara agar Simba merasa terasingkan dan melarikan diri dari kelompoknya. Selama berkelana, Simba belajar banyak hal. Ia belajar  arti tanggung jawab dan keberanian.

  1. Up

Up merupakan film animasi produksi Pixar yang dirilis pada tahun 2009. Up bercerita tentang kisah dan petualangan seorang pria tua bernama Carl. Ia berpetualang dengan membawa serta rumahnya menuju Paradise Falls, sebuah tempat yang menjadi impian mendiang istrinya. Film ini disebut sebagai film animasi terbaik keluarga.

Nah, Miks. Selamat menonton!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-16

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like