4 Tips Agar Terhindar Dari Hubungan “Toxic” Dengan Pasangan

Gejala Toxic dengan Pasangan [pixabay.com]

Halo, Miks!

 

Akhir-akhir ini kita sering mendengar meningkatnya kasus perceraian di saat pandemi Covid-19 di Jawa Barat, istri menggugat suaminya di pengadilan. Hal ini terjadi karena perselisihan keduanya dalam rumah tangga. Berbagai persoalan yang umumnya terjadi dalam rumah tangga seperti ekonomi, sudah tidak cocok dengan pasangan, perbedaan agama dan lain sebagainya. Masalah ekonomi mendominasi alasan bercerai, karena situasi sedang sulit  dan banyak PHK.

Hubungan yang sudah lama terjalin, baik dalam pernikahan atau disaat kita pacaran belum tentu lebih bisa mengenal pasangan kita secara mendalam. Banyak kasus semakin lama hubungan, semakin membuka peluang berpisah. Dan menjalin hubungan yang singkat malah lebih langgeng ke depannya.

Kita sebagai manusia tidak lepas dari ujian dari Allah SWT, ujian yang diberikan pada tiap manusia berbeda beda, ada yang diuji dengan anaknya, hartanya, mertua, saudaranya, lingkungannya semua itu terus berputar, dan sebagai seorang yang beriman semua ujian harus dihadapi dengan sabar dan tawakal.

Miks, tanda bahwa kita mengalami hubungan toxic dengan pasangan dan cara penyelesaiannya :

  1. Sering Berdebat

Jika kita sering berdebat dengan pasangan, bahkan hal kecil menjadi alasan kita berdebat dan masalah menjadi besar sebagai tanda bahwa hubungan sudah tidak ada kecocokan.

Penyelesaian : ajak pasangan berbicara dari hati ke hati, jika tidak ada titik temu bisa meminta bantuan saudara atau konsultan pernikahan supaya pernikahan bisa diselamatkan.

 

 

  1. Tidak Bisa Berkembang

Hubungan yang sehat jika keduanya mengalami perkembangan yang baik, karier meningkat karena adanya dukungan dari masing-masing pihak, hubungan dengan masyarakat, keluarga dan sahabat menjadi hangat.

Penyelesaian : komunikasi yang perlu ditingkatkan antara pasangan, mengajak pasangan mengenal sahabat, teman-teman yang ada dilingkungan kita supaya tidak saling mencurigai.

  1. Tidak Saling Percaya

Kepercayaan sangat  diperlukan dalam membangun suatu hubungan, jika kepercaan mulai pudar karena salah satu dari pasangan sering berbohong maka akan menimbulkan polemik berkepanjangan.

Penyelesaian : Jangan pernah membohongi pasangan sekecil apapun, kalaupun harus demi suatu kebaikan usahakan tetap berterus terang secara perlahan, jika demi kebaikan pasangan lambat laun akan memahami.

  1. Tidak Saling Menghargai Dan Menghormati

Dalam suatu hubungan baik itu pacaran bahkan menikah saling menghormati dan menghargai adalah kunci suatu hubungan. Kita merasa aman jika pasangan dapat menghargai dan menghormai dan tidak akan terjadi KDRT dalam rumah tangga.

Penyelesaian : Dalam memilih pasangan selalu melihat karakter pasangan ya, jangan asal memilih pasangan hanya didasarkan materi dan ketampanan seseorang.

 

Itulah beberapa tips agar kita terhindar dari hubungan toxic dengan pasangan, Hal ini akan memotivasi diri untuk terus berusaha memperbaiki kesalahan yang menyebabkan perpecahan di dalam rumah tangga. Jodoh, maut  dan rejeki memang tidak lepas dari campur tangan Allah SWT, tetapi sebagai manusia sudah seharusnya kita berusaha dan mencoba. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like