Anda Merasa Terpuruk Karena Sedang Diuji? Lakukan 4 Trik Ini!

Trik Menyelesaikan Masalah [pixabay.com]

Hai, Miks!

Hidup memang layaknya roda yang akan selalu berputar. Mungkin saat ini Anda berada di bawah, entah karena karir yang masih biasa-biasa saja, gaji yang pas-pasan adanya, atau hutang yang masih sering muncul menjadi cambuk agar Anda terus berusaha. Semua itu tak masalah, selama Anda masih terus berproses dan tetap tumbuh ingin berkembang.

Yang menjadi persoalan dalam hidup ini adalah tempat Anda bergantung. Sebagaimana yang kita yakini bahwa sebaik-baik tempat bergantung adalah kepada Allah. Bukan kepada omongan orang lain. Jangan sampai bahagia Anda bergantung dari apa isi pembicaraan orang lain terkait diri Anda sendiri.

Masalah, sebesar apapun itu tetap akan terselesaikan selama Anda memiliki tempat bergantung yang kuat dan tepat. Motivasi diri adalah yang terpenting ketika muncul berbagai persoalan yang kadang membuat Anda ingin berhenti menjalani hidup.

Nah, bagaimana caranya agar di setiap kali ada masalah Anda tidak cepat merasa terpuruk lantas tak bisa berbuat apa-apa? Nah, berikut triknya.

1. Terima dan Bersyukurlah

Bila saat ini Anda merasa ijazah Anda tak berguna karena harus menjaga buah hati di rumah. Atau Anda merasa ijazah Anda saat ini justru membuat Anda capek bekerja di luar rumah sehingga terkadang waktu bersama anak terasa begitu singkat. Percayalah, bahwa setiap resiko yang Anda ambil pasti ada manfaatnya.

Entah menjadi ibu rumah tangga atau ibu pekerja semua tetap ada kurang dan lebihnya. Yang terpenting tetap menyempurnakannya dengan bersyukur atas segala yang ada saat ini. Sekalipun saat ini Anda mungkin baru menjadi ibu rumah tangga, Anda pun wajib bersyukur karena bisa banyak waktu bersama buah hati juga memiliki waktu yang banyak untuk dimanfaatkan.

Begitu pun bila Anda menjadi ibu pekerja, bersyukurlah karena di luar sana masih ada juga ibu-ibu yang ingin bekerja namun, harus memilih diam di rumah untuk menemani anak-anaknya. Intinya, berbuat terbaiklah di titik mana saja Anda berdiri saat ini.

2. Masih Banyak Orang di Bawah

Bila masalah yang Anda hadapi saat ini terasa berat maka, lihatlah sekali lagi orang-orang di bawah Anda. Masih banyak yang belum seberuntung Anda yang sudah memiliki pasangan, anak, rumah dan lain sebagainya.

Percayalah, setiap masalah yang datang tidak lain sekadar menjadi pengingat, anak tangga bahkan bisa jadi batu loncatan agar Anda semakin dewasa dalam menyikapi hidup. Tetap berpikir positif karena ini awal yang baik ketika ingin menyelesaikan masalah.

3. Selesaikan Secara Positif

Tak ada masalah tanpa solusi. Begitupun dengan masalah yang Anda hadapi saat ini. Yang perlu Anda pastikan selesaikan semua masalah dengan cara yang positif. Bila ingin menyelesaikan hutang jangan pernah pergi ke rentenir, apapun alasannya karena efek negatifnya jelas akan lebih menyiksa Anda di kemudian hari.

Carilah solusi positif untuk setiap permasalahan Anda. Kalaupun belum mendapatkan solusi Anda bisa meminta pendapat pasangan, sahabat, keluarga ataupun orang yang tepat membantu menemukan solusinya.

4. Perbanyak Istighfar

Ketika ujian banyak berdatangan perbanyaklah istigfar. Hal ini pun pernah dicontohkan khalifah Umar bin Khattab ketika negerinya ditimpa kekeringan. Dengan istighfar hati akan semakin tenang namun, bukan berarti masalah langsung terselesaikan. Bukankah hanya dengan pikiran yang tenang Anda bisa mengambil solusi yang jernih?

Itulah 4 trik yang bisa Anda lakukan ketika sedang diuji. Ingat, ujian tidak selalu berbentuk keburukan bahkan kebaikan pun yang diperoleh bisa jadi menjadi ujian. Bankan bisa dibilang itu pun ujian terberat karena biasanya hati akan lalai serta terlena dengan segala kebaikan yang ada. Jadi, selamat mencoba trik di ayas ya, Miks!

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-17

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like