Lakukan ini untuk Memotivasi Diri Sendiri

Wujudkan Mimpi [pixabay.com]

Hai Miks!

Pernah gak sii merasa hilang motivasi terhadap apa yang Anda kerjakan? Aku pernah merasakan itu. Ternyata tidak enak. Apalagi di saat semua yang mesti dikerjakan menumpuk dan dikejar waktu pemyelesaiannya, di saat itu juga kehilangan motivasi. Alhasil semua rencana buyar blass.

Seperti aku sendiri yang awalnya tidak memiliki minat dan kemampuan yang mempuni di bidang penulisan, akan tetapi pekerjaanku  menuntut untuk lebih dekat dengan bidang kepenulisan, maka akupun harus berusaha memotivasi diri semaksimal mungkin untuk lebih mencintai bidang tersebut agar hasil pekerjaan tidak mengecewakan. Apa saja yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri, Simak ya Miks.

  1. Memiliki Tujuan

Seperti misalnya dalam hal  menulis yang terlihat sebagai  hal yang mudah sederhana, ada sesuatu yang ingin kita sampaikan lalu  dituliskan  kemudian selanjutnya dipublikasikan. Namun, saat motivasinya hilang, hal tersebut menjadi sangat sulit.  Untuk memotivasi diri sendiri, ada baiknya kita mengetahui dan memiliki tujuan dari kegiatan yang kita lakukan, semisal kita melakukannya demi uang, demi kesenangan atau tuntutan pekerjaan dan lain sebagainya.

  1. Tumbuhkan Minat dan Kecintaan

Kita tentu saja akan lebih bersemangat melakukan hal yang kita minati dan kita cintai. Oleh sebab itulah sangat penting menumbuhkan minat dan kecintaan sehingga dapat memotivasi diri kita sendiri untuk terus melakukannya. Jangan pernah bosan untuk mempelajari segala sesuatu yang menyangkut hal tersebut, maka lambat laun akan tumbuh minat dan kecintaan Anda.

  1. Belajar pada Mentor yang Tepat

Segala sesuatu pasti ada ilmunya. Agar yang Anda kerjakan memilik hasil yang memuaskan, pelajari dulu ilmunya dari mentor yang tepat. Mentor yang akan selalu membimbing Anda untuk melakukan yang Anda kerjakan dengan hasil yang memuaskan, sehingga akan muncul motivasi dalam diri Anda.

  1. Bergabung dengan Komunitas Pendukung

Buat sebagian orang, akan sangat berpengaruh dengan kondisi dan lingkungan sekitar. Mindset nya akan sangat dipengaruhi oleh Mindset sekitarnya, termasuk juga motivasinyanya akan dipengaruhi dari motivasi orang sekitarnya. Contohnya saya yang sangat termotivasi dengan semangat para penulis yang ada dalam komunitas penulis yang saya ikuti, dan itu membuat saya lebih terpacu untuk menulis.

  1. Miliki Tekad yang Kuat

Cara yang  bisa dilakukan untuk  memotivasi diri sendiri adalah dengan memiliki tekad dan keinginan yang kuat. Pelajari segala hal  yang dapat membuat Anda sukses melakukan sesuatu, jangan pernah menyerah dan berkecil hati saat belum berhasil. Semisal sebagai penulis, saya akan berusaha agar tulisan saya layak dipublikasikan melalui berbagai media, termasuk diterbitkan dalam buku.

Jadi, Anda pun harus  memotivasi diri sendiri Miks…

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like