Langkah-Langkah Yang Dapat Dilakukan Untuk Memotivasi Diri

Motivasi Diri [pixabay.com]

Halo Miks!

Semua orang pasti mengalami pasang surut dalam kehidupannya, sehingga semangat juangnya juga naik dan turun. Itulah sebabnya orang membutuhkan motivasi untuk dirinya agar ia tetap semangat dalam mengejar cita-citanya. Motivasi adalah alasan seseorang untuk melakukan sesuatu. Nah, apa yang bisa dilakukan agar kita terus dapat memotivasi diri saat kita sedang kehilangan semangat? Inilah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

 

  1. Bertukar pengalaman dengan orang lain

Setiap orang mempunyai jalan hidup dan cobaan yang berbeda-beda. Sering bertemu dan bicara dengan berbagai macam orang. Dengan sering berbicara dan bertukar pengalaman dengan orang lain, kita bisa belajar dan mendapat motivasi untuk terus berusaha. Minimal kita tahu kalau kita tidak sendiri. Kita juga bisa mengambil pelajaran atau ide-ide baru agar kita tidak menyerah dan berhenti mencoba. Ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk terus berusaha.

 

  1. Belajar dari Pengalaman Orang-Orang Sukses

Kesuksesan tidak didapat dengan mudah, kecuali kalau kita dilahirkan di keluarga miliarder yang hartanya tidak habis 7 turunan. Kesuksesan dicapai dengan kerja keras, semangat juang yang tinggi dan sifat pantang menyerah. Saat kita sedang merasa lelah atau patah semangat, kita bisa belajar dari pengalaman hidup orang-orang sukses yang berusaha dari bawah. Terkadang kesulitan-kesulitan yang mereka alami jauh lebih berat daripada kesulitan kita. Maka kita juga bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan seperti mereka. Dari situ kita bisa mendapat semangat baru karena kita tahu bahwa mereka pun harus bersusah payah untuk mencapai posisi mereka sekarang.

 

  1. Membuat Target Jangka Pendek yang Realistis

Bagi sebagian orang, membuat target atau tujuan dalam jangka pendek dan realistis perlu dilakukan. Ini dapat digunakan untuk mengukur sejauh apa usaha yang telah mereka lakukan dalam rangka mencapai tujuan utama mereka, yaitu kesuksesan. Misalnya, orang yang pemalu ingin menjadi penyanyi terkenal, maka target jangka pendeknya adalah bisa tampil di hadapan orang banyak dengan rasa tenang dan percaya diri. Maka ia harus mencari solusi untuk menghilangkan sifat pemalu dan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Bila ia telah berhasil menyelesaikan masalah kepercayaan dirinya, ia bisa membuat target baru lagi yang semakin mendekatkan dirinya dengan cita-citanya.

Selalu buat target yang realistis yang dapat dicapai. Karena bila kita hanya membuat target utama, dan tidak ada tolok ukur sejauh mana kemajuan usaha yang telah kita lakukan, kita bisa putus asa dan akhirnya menyerah. Itulah perlunya target-target jangka pendek yang realistis. Keberhasilan menyelesaikan satu masalah biasanya akan menjadi motivasi untuk maju ke rencana berikutnya.

 

Jadi, jangan menyerah saat kita menghadapi kesulitan. Selalu ada cara untuk memotivasi diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-17

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like