Motivasi Diri Bangkit dari Kegagalan , Yuk Simak Tipsnya

Pantang Menyerah [pixabay.com]

Halo, Miks!

Setiap orang tentu, pernah mengalami kegagalan. Perbedaan hanya,  cara seseorang mensikapinya.  Ada yang memotivasi diri   agar bangkit dari kekagalan-kegagalannya. Sedangkan ada juga sebaliknya,  larut dan putus asa. Nah, inilah  tips motivasi diri  bangkit dari kegagalan.

  1. Segera bangkit

Kegagalan tidak hanya sekali dialami seseorang tetapi malahan berulang kali. Dalam mencapai target. Bangkit memang tidak mudah. Namun, tetap berjuang untuk bangkit.  Siapa pun,  berhak memulai hidup dari awal. Apakah itu,  dalam karier, menjalin hubungan dengan keluarga yang sudah lama terputus dan  masalah hidup lainnya. Walaupun  demikian, tetap menjalani hidup meski banyak hal buruk telah terjadi.  Nikmati setiap prosesnya, agar bisa menerima kenyataan dan segera bangkit dari keterpurukan.

  1. Pantang menyerah

Apabila sering mengalami kegagalan, bukan berarti hidup telah berakhir. Tak ada orang  di dunia  ini, yang tak pernah mengalami kegagalan, merasa sedih, dan kecewa? Walaupun saat ini, sangat sedih dan kecewa. Ingatlah,  seiring waktu semuanya akan kembali baik. Butuh sedikit waktu dan keberanian untuk tidak pernah menyerah.  Sebagaimana dijelaskan Allah Swt. dalam Al-Qur’an surat Al-Insyiraah ayat 5 dan 6. Bahwa, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5)  Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (6)

Hikmah  yang terkandung dari ayat di atas adalah jangan pernah menyerah. Bahwa yakinlah, sesudah mengalami kesulitan pasti ada kemudahan. Insyaallah, timbul semangat pantah menyerah dalam menjalani kehidupan.

  1. Berdoa

Orang-orang beriman dalam manjalani akvitas hidupnya, tidak hanya mengandalkan kemampuan rasional belaka dalam hidup. Dengan kata lain, di samping usaha maksimal dalam berusaha. Ingatlah kemampuan manusia terbatas. Oleh karena itu, iringi usaha dengan doa. Insyaallah lebih siap menghadapi kegagalan. Menganggap kegagalan hidup bukan akhir dari segala usaha tetapi adalah ujian. Ujian hidup dari Allah. Kemudian, Insyaallah  hasil terbaik menanti. Aamiin.

 

  1. Evaluasi diri

Kenapa gagal, meraih target atau impian. Karena terjebak pada rencana dan pendapat tidak tepat. Fokus dan serius membuat rancangan atau program untuk mencapai target.  Insyaallah, target  tercapai.

 

  1. Bersyukur

Apabila  melihat seseorang dlimpahkan  nikmat  berlebih, seperti kekakayaan, kecantikan, ketampanan, cacat fisik dan sebagainnya. Sedangkan ada juga orang  miskin atau sulit ekonomi. Sebab sering mengalami kegagalan dalam mengelola usahanya. Ada juga sebab lain karena wajah tidak cantik, tidak tampan, cacat  fisik dan sebagainnya. Hal ini, pasti hikmahnya dari Allah bagi orang beriman.

 

Nah, itulah Miks!, tips motivasi diri bangkit dari kegagalan. Sehingga bisa bangit dan  semangat menjalani hidup serta beribadah kepada Allah Swt. Silahkan diterapkan. Semoga bermanfaat.

 

#Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-17

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like