Motivasi Diri, Yuk, Miks! Agar tetap Semangat Mengejar Impian

Percaya Diri dan Jangan Menyerah [pixabay.com]

 

Halo, Miks!

Setiap orang selalu mempunyai impian. Berbagai cara dilakukan agar impiannya bisa tercapai. Belajar dan bekerja keras menggapai impian. Onak dan duri dilalui. Semangat dipompa sekuat tenaga untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

Tetapi, itu semua tidak akan menjadi nyata, apabila tidak ada keinginan atau dorongan dari diri sendiri untuk bisa mewujudkannya.  Hal inilah yang dinamakan motivasi diri atau self motivation.  Motivasi diri sangat penting dalam kita menjalani hidup ini.  Karena , motivasi diri itu menjadi dasar kita untuk melangkah bergerak melakukan sesuatu. Kalau suatu pekerjaan atau suatu tindakan dilakukan dengan keinginan yang kuat dari dirinya sendiri, akan lebih mudah dilakukan. Hasilnya pun akan lebih baik daripada melakukan tindakan atas dorongan atau paksaan orang lain, meskipun itu adalah tindakan yang baik dan bermanfaat.

Motivasi diri atau self motivation, membutuhkan keinginan dari diri sendiri dan  kesadaran diri untuk melaksanakannya. Memang, tidaklah semudah membalikkan tangan. Ketika kita ingin melaksanakan suatu tindakan yang akan menuju tercapainya target dan impian kita. Pasti akan ada banyak rintangan, hambatan, dan kekecewaan dengan proses yang sedang dijalankan. Akan tetapi, memang begitulah menggapai suatu impian. Kita tidak boleh lari dari keadaan itu. Makanya, motivasi diri menjadi bagian yang sangat penting dalam mencapai target dan impian kita. Motivasi diri ibarat adalah kendali kita untuk tetap berjalan di jalan lurus yang kita inginkan.

Nah, Miks, bagaimana dengan kamu? Apakah sudah punya motivasi dalam diri? Bagaimana cara agar motivasi diri selalu ada dalam hidup kita? Lalu, apa motivasi diri kamu sendiri?

Yes, kita wajib mempunyai dan memelihara motivasi diri, agar menjadi peluru dan pendorong kita dalam mencapai target dan impian kita. Bagaimana cara menumbuhkan motivasi diri agar selalu semangat dan tumbuh semakin menguat, membuat kita bergairah meraih dan memperjuangkan impian kita? Simak yuk, Miks!

Menumbuhkan Motivasi Diri agar Makin Menguat dan Bergairah

Selalu Mohon Kekuatan Kepada Allah

Selalu mohon kekuatan Allah adalah kunci pertama menumbuhkan motivais diri, karena semua yang kita lakukan dengan Kehendak Allah. Tiada kata lain agar yang kita lakukan diridoi dan dimudahkan Allah.

 

Ibu, Kunci Surgamu

Mohonlah selalu doa dari Ibu dan Bapakmu. Selagi beliau berdua masih sehat, doa-doa terbaik untuk kekuatan dirimu yang selalu kita harapkan. Sering-sering menyapa, apalagi jika berjauhan tempatnya. Doa dan restunya, adalah senjata kita. Karena rido Allah dari rido orang tua kita.

 

Perbaiki Mindset

Perbaiki Mindset kita. Sangatlah penting memiliki sikap mental yang baik. Apakah kita akan menjadi pemenang atau kita menjadi pecundang. Mindset adalah kunci kesuksesan kita.  Jika kita selalu bersikap positif dalam memandang sesuatu. Kita bersikap positif terhadap kesuksesan orang lain, sehingga termotivasi. Maka mindset kita sudah betul. Tetapi jika kita selalu berpikiran negatif terhadap kesuksesan orang lain, dan mempunyai pikiran-pikiran yang tidak sehat. Maka mindset kita masih salah. Perbaikilah, jika kamu ingin mnegejar impianmu.

 

Yakin dan Percaya Diri

Motivasi diri kita yakin dan percaya diri, bahwa kita mampu melakukan apa yang menjadi pikiran kita. Arahkan pikiran dan tindakan kita pada pencapaian target dan impian kita. Tanpa kepercayaan diri, kita hanya merasa bahwa kita tidak mampu mengerjakan, sehingga hanya ada rasa keraguan, pesimis, dan ketidakmampuan. Enyahkan itu semua

Selalu yakin dan berpikir bahwa kita pasti bisa melakukan semua sehingga tercapai target dan impian kita. Jangan berpikir bahwa kita tidak akan mampu. Kita pasti bisa, yakinlah.

 

Jangan Takut Memulai

Mulailah dahulu dengan suatu tindakan, jangan takut memulai. Arahkan tindakan itu pada suatu strategi pencapaian dan tujuan yang akan dicapai. Jika kita tidak memulai, bagaimana bisa tahu akan berhasil atau tidak? Jika tidak memulai, bagaimana kita bisa memperbaiki apa yang seharusnya agar tercapai tujuan kita?

 

Jangan Takut Gagal

Jangan takut gagal, kalau takut gagal maka kita tidak akan memulai. Kalau kita tidak memulai bagaimana tujuan akan tercapai. Berikan motivasi diri, bahwa kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setelah gagal, kita akan mengevaluasi diri dan memperbaiki untuk bisa lebih baik lagi.

 

Jangan Cepat Menyerah

Jangan cepat menyerah, jangan cepat berhenti di tengah jalan, ketika kesulitan datang menghadang. Tumbuhkan motivasi diri bahwa semua kesuksesan pasti ada kesulitan dan hambatannya. Yakinlah, bahwa setelah itu akan datang banyak kemudahan untuk bisa mencapainya.

 

Tujuan dan Langkah yang Jelas

Motivasi diri dengan membuat tujuan dan langkah-langkah yang jelas yang akan menuju pencapaian target dan impian kita. Laksanakan langkah-langkah dengan strategi pencapaian yang realistis dan terukur. Lakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus. Tetap semangat dan motivasi diri bahwa kita bisa.

 

Hindari Sifat Malas

Hindarilah sifat malas yang kadang datang menyergap, karena malas bisa menghambat kesuksesan kita.  Motivasi diri untuk tetap semangat bergerak dan berpikir bagaimana mencapai suatu tujuan.

 

Bergaul dengan Orang-orang yang Mempunyai Motivasi Tinggi

Bergaul dengan orang-orang atau komunitas yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi, akan merangsang gerak dan pikiran kita menuju semangat dan motivasi diri yang tinggi juga.

 

Carilah Mentor atau Guru

Mentor atau Guru akan memberikan ilmu pengetahuan dan arahan step by step  akan apa yang harus dilakukan, ketika hendak memulai, atau ketika sedang dalam perjalanan. Carilah Mentor atau Guru yang kita percaya dan telah berpengalaman. Sehingga langkah yang kita ambil akan sesuai menuju tujuan dan impian yang kita inginkan. Banyaklah berdiskusi dengan Mentor atau Guru, Ikuti arahan dan saran-sarannya, lakukan dengan yakin dan gembira.

Nah,Miks.  Motivasi diri ternyata sangat penting ya untuk mengawal langkah kita ke arah yang lebih maju, dan menggapai impian-impian kita. Jangan ragu dan takut, yakin bahwa pasti kita bisa melakukan dan mencapainya. Kuatkan dan siram selalu motivasi diri kita, sehingga menjadi booster yang akan menbawa kita mencapai kesuksesan dan tercapainya impian kita. Semangat ya, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-17

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like