Tips Menonton Aman dan Berkualitas Bersama Anak

Menonton Bersama Keluarga di Rumah [gedubar.com]

Halo, Miks!

Kegiatan di rumah semenjak pandemi sudah banyak dilakukan. Kgiatan membangun kebersamaan di rumah memang tak pernah ada habisnya. Namun, terkadang rasa bosan pasti akan datang suatu saat.

Salah satu kegiatan bersama keluarga si rumah yang bisa dilakukan adalah menonton bersama. Menonton adalah kegiatan yang mengasyikkan jika dilakukan dengan benar. Dampak negatif dari tontonan bisa sangat diminimalisir bahkan sangat bermanfaat bagi anak jika tontonan dan pendampingan dilakukan.

Berikut tips orang tua mendampingi anak-anak untuk menonton.

1. Jadwal Menonton

Jadwalkan waktu untuk menonton bersama anak-anak. Ambil di jam-jam yang memang tidak berbenturan dengan kegiatan belajar si anak. Sepakati durasi untuk menonton, bisa satu atau dua jam. Berhentilah menonton di waktu yang telah disepakati

2. Pilih tontonan yang ramah anak

Ini wajib dilakukan sebelum kegiatan menonton dilakukan. Pilih tontonan yang memang berkualitas dan ramah anak. Tontonan yang huruk mengakibatkan dampak negatif terhadap perilaku anak kedepannya. Oleh karena itu penting untuk memilih tontonan yang tepat untuk usia anak.

3. Ciptakan Suasana Nyaman

Kenyamanan saat menonton bersama anak harus diciptakan. Buat suasana nyaman dengan menyediakan beberapa perlengkapan untuk menonton, mulai dari menata ruangan, perangkat televisi dan elektronik lainnya, sampai menyiapkan camilan pendamping saat menonton.

4. Dampingi Anak Saat Menonton

Mendampingi anak saat menonton sangat penting. Orang tua harus selalu mengupayakan untuk mendapingi sekaligus memberikan edukasi terhadap tayangan yang sedang ditonton.

5. Bercerita dan berkisah

Setelah menonton bersama, lakukan kegiatan bercerita dan berkisah dari hasil tontonan tersebut, kemudian ambil hikmah dan pembelajaran dari kisah tersebut. Kegiatan ini menambah manfaat dari hasil tontonan yang dilakukan.

Nah, Miks! Menonton bersama anak bisa menjadi alternatif pilihan kegiatan yang anti bosan. Tips di atas bisa dilakukan agar menonton bersama anak menjadi kegiatan yang aman dan ramah anak.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like