7 Cara Melakukan Self Love sebagai Perwujudan Mencintai Diri Sendiri

Me Time [pixabay.com]

Hai, Miks!

               Pernah mendengar self love? Apa itu self love? Self love merupakan cara atau ungkapan yang dilakukan untuk menikmati kebahagiaan dan mencintai diri sendiri. Self love dapat berupa penghargaan terhadap diri sendiri sebagai wujud cinta kepada diri sendiri.

               Lantas bagaimana melakukan self love ini? Yuk, disimak bersama.

 

1.      Lakukan yang Anda Sukai

Buatlah diri sendiri bahagia merupakan salah satu cara self love. Lakukan kegiatan atau pekerjaan yang disukai. Kegiatan yang dilakukan atas dasar suka atau hobi akan terasa ringan tanpa beban atau paksaan. Salurkan hobi Anda dengan leluasa dan singkirkan kepentingan orang lain terlebih dahulu untuk membahagiakan diri sendiri.

2.      Lakukan Me Time

Me time juga merupakan bagian dari self love. Luangkan waktu sejenak untuk me time. Bisa dengan menyalurkan hobi, atau sekedar diam di rumah sambil mendengarkan musik. Me time mengajarkan Anda menikmati waktu sendiri, menghindari stres, dan juga mampu untuk mengintropeksi diri.

3.      Berhenti Berpikir Negatif

Berpikir negatif membuat Anda merasa tertekan, stres, dan tersiksa. Memang tidak semua hal negatif yang kita pikirkan akan terjadi. Tetapi lebih baik menghindari berpikir negatif dan berusaha mencintai diri sendiri. Percayalah jika pikiran negatif itu sirna, rasakan efek positifnya bagi kebahagiaan Anda.

4.      Percaya Diri

Setiap insan terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda merasa mempunyai kekurangan tetapi pasti ada kelebihannya. Lebih baik menggali dan menonjolkan kelebihan demi untuk memupuk rasa percaya diri. Percayalah Anda akan mampu dan bisa menampakkan rasa percaya diri tersebut   untuk menjadi peribadi yang lebih berharga. Pupuk lah rasa percaya diri di mana dan kapan pun juga.

5.      Menerima Diri Apa Adanya

Selain rasa percaya diri, Anda juga dituntut untuk menerima diri apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihan yang melekat. Menerima dengan ikhlas akan menjadikan diri lebih baik dan tenang. Syukuri apa yang Anda miliki baik secara fisik maupun apa yang ditakdirkan Tuhan.

6.      Teruslah Berusaha dan Buatlah Perubahan

Berusahalah membuat pribadi yang lebih baik, hilangkan minder, dan buatlah sebuah perubahan. Hidup hanya satu kali jangan berputus asa dan teruslah berkembang. Usaha dan perubahan sebagai bentuk mencintai diri sendiri dengan menghindari berada di tempat yang tidak nyaman. Usaha yang serius tidak akan menghianati hasil yang maksimal.

7.      Jangan Lupakan Asupan Gizi

Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan yaitu asupan gizi berimbang. Asupan gizi ini akan membuat Anda tumbuh kembang dengan sehat dan tentunya menambah rasa percaya diri. Cintai diri sendiri dengan mengurangi makanan junk food dan minuman soft drink. Pilihlah makanan sehat dan jangan biarkan Anda terlena dengan menu siap saji yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

          Bagaimana? Mudah, kan melakukan self love? Tanpa mencintai diri sendiri hidup terasa kurang bahagia dan tak berarti. Jadilah pribadi yang mengagumkan. Selamat mencoba semoga berhasil.

#TantanganMenulisMakMoodPublsihing

#Day18

#SelfLove

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like