Cintai Diri Anda. Ini 7 Cara Mencintai Diri Sendiri yang Dapat Anda Lakukan

Halo, Miks!

Sudahkah Anda mencintai diri sendiri?

Mencintai merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Manusia kerap kali lebih mudah untuk mencintai orang lain daripada diri sendiri. Banyak hal yang membuat
manusia memberi sekat agar tidak menyukai diri mereka sendiri. Padahal, memiliki hubungan baik dengan diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin hubungan dengan
orang lain.

Mencintai diri sendiri sangat penting. Idealnya, mencintai diri sendiri dilakukan sebelum mencintai orang lain. Mencintai diri sendiri artinya bersyukur atas apa yang telah dimiliki, dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, berlapang dada menerima semua kekurangan tanpa ditutupi, serta merasakan betapa diri sangat berharga. Tidak mencintai diri sendiri dapat menimbulkan perilaku negatif seperti melukai diri sendiri hingga berusaha mengakhiri hidup.

Seorang psikolog, Dr. Margaret Paul Ph.D menyatakan bahwa mencintai diri sendiri merupakan perilaku untuk memahami potensi yang ada dalam diri. Mencintai diri sendiri bukan bermakna menilai diri berdasarkan penampilan fisik atau performa diri.  Aristoteles juga menyatakan bahwa mencintai diri sendiri adalah syarat untuk mencintai orang lain. Setelah mencintai diri sendiri, diharapkan Anda bisa melepaskan beban sosial sehingga akan selalu bersyukur. Mencintai diri sendiri membuat Anda menghasilkan jalinan hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain.

Bagaimana cara mencintai diri sendiri? Berikut 7 cara mencintai yang dapat Anda coba.

  1. Berpikir Positif

Berpikirlah positif. Mulai hari dengan melakukan afirmasi. Anda dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa hari ini akan sehat, bahagia, dan sukses. Percayalah, dengan berpikir positif energi disekitar Anda juga akan berubah menjadi positif.

  1. Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri

Mulailah bersahabat dengan diri sendiri. Perhatikan kebutuhan fisik, rohani, dan mental Anda. Cukupi kebutuhan untuk tidur, makan makanan bergizi, olahraga, dan prioritaskan aktivitas yang membuat perasaan Anda bahagia. Anda juga perlu merawat diri. Merawat diri berarti Anda menghargai diri sendiri.

  1. Bergaul dengan Orang-orang Positif

Energi positif dapat menular. Salah satu cara menyayangi diri sendiri adalah dengan bergaul dengan orang-orang menyalurkan energi positif. Saat bergaul, pancaran energi kasih sayang dan positif dari mereka akan sampai dan menimbulkan energi positif dalam diri Anda. Hindari mengonsumsi berita-berita negatif. Berita kekerasan, kejahatan, dan kebencian akan membebani pikiran Anda.

  1. Jadi Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri. Berhenti membendingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang memiliki kemampuan dan pencapaian masing-masing. Hentikan keinginan untuk menjadi orang lain. Tetaplah menjadi yang terbaik sesuai potensi yang Anda miliki.

  1. Berani Memaafkan

Saat Anda bersalah, cobalah untuk memaafkan diri sendiri. Bangun kepercayaan diri Anda. Tanamkan bahwa Anda akan menjadi lebih baik ke depannya. Salah adalah hal yang wajar. Anda tak perlu menyalahkan diri dan bersedih terus menerus.

  1. Berbuat Baik

Berbuat baiklah dengan orang-orang di sekitar Anda. Berbuat baik akan membuat kehadiran Anda menjadi berarti. Anda akan lebih bahagia karenanya. Jika ingin dicintai banyak orang, cintailah orang-orang di sekitar Anda. Berbuat baiklah pada mereka. Lihatlah perubahan pada hidup Anda.

  1. Lakukan Kegiatan yang Anda Suka

Melakukan kegiatan yang Anda sukai atau hobi, akan memberikan kebahagiaan. Cobalah untuk menekuni hobi Anda. Anda akan mendapatkan semangat baru dalam hidup.

Miks, beberapa cara tadi dapat Anda coba. Berikan kasih sayang pada diri Anda ya.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-18

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.