Self Love For a Great love

Self Love For a Great love [pixabay.com]

Halo, Miks!

Pernah mendengar self love? Self love berarti mencintai diri sendiri, menghargai diri sendiri. Bisa mengenal, memahami, mengerti segala kekurangan dan menerima diri sebagai makhluk Allah yang tidak sempurna. Selalu ada yang membedakan diri sendiri dengan orang lain. Namun, bukan berarti malah membenci diri sendiri karena tidak bisa seperti mereka. Marah, merasa diri tidak bisa berbuat apa-apa dengan kekurangan. Ingatlah, banyak lagi kelebihan yang kita miliki yang tidak juga dimiliki orang lain. Yakinlah, apa yang diberikan kepada kita sesuai dengan porsi yang pas menurut Allah.  Lalu, bagaimana agar kita tetap menjaga hati supaya selalu menghargai diri sendiri. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  1. Positif thinking

Berfikir positif tentang diri sendiri sangat membantu untuk menghargai diri sendiri. Aku bisa! Aku berpotensi! Secara tanpa sadar apa yang kita pikirkan tentang diri kita, akan mempengaruhi alam sekitar untuk ikut mengaminkan apa yang kita pikirkan. Pikirkan hal yang baik-baik saja tentang kita.

Jika ada orang yang tiba-tiba membuat hati patah dengan menyindir kekurangkan kita. Maklumi diri kita, kita hanya manusia yang terus belajar menggali diri sendiri. Anggap itu sebuah lecutan untuk lebih semangat dalam berbuat. Pun, di dunia ini akan ada dua tipe orang. Suka dan tidak suka dengan kita. Sebaik apapun kita, kalau di hatinya sudah ada penyakit, tetap tidak akan bisa menerima.

Berhentilah, meminta pandangan orang. Berbuatlah, sesuai pandangan Allah saja akan membuat hati bahagia dan menghargai diri sendiri.

 

  1. Maafkan segala kesalahan diri sendiri

Pernah melakukan salah? Wajar. Yang tidak wajar jika selalu melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Maafkanlah diri sendiri. Berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Menghukum diri sendiri tentang kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu, akan memberatkan langkah untuk maju di masa datang. Jika ingin melejit terbang lebih tinggi, tinggalkanlah beban-beban yang bergelayut dalam hati.

 

  1. Selalu perbaiki diri

Terkadang kita melihat orang lain, begitu jauh melangkah di depan kita. Padahal, satu sekolah, seumuran. Apa yang salah? Lalu, lagi-lagi membenci diri sendiri. Namun, intiplah, berapa besar usaha yang telah dia lakukan? Berapa pengorbanan yang telah dia perbuat? Jangan sandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kita mempunyai porsi kemampuan yang berbeda. Teruslah fokus untuk selalu memberbaiki diri sendiri. Bersyukurlah dengan porsi yang Allah beri. Ini akan membantu membuat hati bahagia dengan diri sendiri.

  1. Berkumpul dengan orang-orang baik

Suport dari lingkungan membantu juga agar kita menghargai diri sendiri. Berkumpulah dengan orang-orang baik. Selain dapat menularkan kebaikan kepada kita, mereka akan membantu kita untuk membangun kepercayaan diri sendiri. Daripada, berkumpul dengan orang yang tiap hari membully, menceritakan, menyindir kekurangan kita.

Pepatah lama ini tetap membantu, berkumpul dengan penjual minyak wangi akan terciprat dengan wanginya. Namun, berteman dengan pandai besi akan kecipratan apinya, yang akan membakar baju kita. Bukankah ini yang diajarkan olen Nabi Muhamad Saw?

Nah, Miks! Itulah empat langkah yang dapat kita lakukan untuk menghargai diri sendiri. Ternyata self love ini sangat berguna untuk menciptakan rasa bahagia dalam hati. Happy saja setiap hari. Kalau sudah begitu sekeliling kita siap-siap menerima sebuah cinta yang hebat dari kita. Lingkungan kita, suami kita, anak-anak kita dan rekan kerja akan ikut merasakan cinta hebat itu. Karena kebaikan dari cinta itu menular bukan?

Tantangan Makmood Publishing hari ke-18

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like