Self-Love Sekaligus Ibadah, Inilah Tipsnya

Self Love [pixabay.com]

Halo, Miks!

Self-love atau mencintai diri, salah satu trending topik. Apa itu self –love  dan bagaimana mengaplikasinnya . Tentu sebagian orang masih menimbulkan pertanyaan. Perlu dipahami bahwa dalam menjalani kehidupan, tidak wajib menjalin hubungan baik dengan Allah Swt dan sesama manusia. Tak kalah penting adalah menjaga hubungan baik dengan diri sendiri. Nah bagaimana caranya, yakni  menerapkan self-love.

Setiap orang , self-love nya tentu berbeda-beda. Sebab masing-masing punya keunikan tersendiri. Cara menunjukkan,  bahwa dia  mencintai diri sendiri. Bagaimana cara memulai self-love? Nah, berikut ini ada  tips  sederhana yang bisa dicoba supaya self-love.

 

  1. Kokohkan pondasi keimanan

Pondasi dalam menerapkan self-love adalah kuat pondasi keimanan. Terutama keimanan kepada Allah Swt. Allah Swt, muara pengabdian seluruh hidup manusia. Dengan demikian, membuka jiwa pada keindahan keyakinan dan kepercayaan kepada-Nya. Sehingga semua keputusan yang diambil tepat karena berdasarkan pada kuatnya keyakinan kepada Allah Swt Maha Pemberi Petunjuk. Gairah hidup semakin kuat dan  hati menjadi tenang dan tentram ketika menjalani kehidupan.

 

 

  1. Jangan biasa membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Apabila seseorang sedang menghadapi ujian  hidup berat. Kenapa orang lain, hidupnya  lebih sukses dan bahagia. Perlu diingat  jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab setiap manusia diciptakan berbeda dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Hal itu tentu, semangat hidup semakin down. Bahwa banyak hal lain dari diri sendiri perlu disyukuri.

 

  1. Luangkan waktu  untuk me time

Selain itu bisa dicoba tips berikut ini, sekitar 10 sampai 15 menit me time. Salah satu me time nya adalah  memandang alam sekitar rumah. Bahkan bisa memotret keindahan alam tersebut. Ciptakan suasana yang benar-benar disukai dan nikmati setiap aktivitas  sedang dilakukan. Bisa juga menulis, menulis kisah-kisah  menyenangkan dan inspiratif. Sehingga  tulisan dapat menginspirasi orang banyak ketika  membacanya.

 

  1. Buat dan tulislah hal-hal positif dalam hidup

Apabila hendak mencintai orang lain, sebelum melakukanya belajar mencintai diri sendiri. Kadang-kadang tak mudah untuk mencintai diri sendiri sebelum mengenali semua cinta yang ada di sekitar diri. Saat merasa terpuruk , berikan  waktu diri sendiri. Sambil merenung  dan tulislah hal-hal positif dalam hidup. Selanjutnya baca  kembali tulisan tersebut. Hal ini,  membuat seseorang lebih mudah mencintai diri sendiri.

 

  1. Berzikir dan Berdoa

Self-love semakin bermakna, apabila diiringi dengan aktivitas berzikir dan berdoa. Berzikir dan berdoa, membuat diri lebih dekat kepada Allah Swt. Hati yang kepada Allah, hidup menjadi terarah. Seberapa besar usaha seseorang  self-love atau  mencintai diri sendiri tentu terbatas ruang dan waktu. Oleh karena itu, biasakanlah selalu irinigi dengan doa. Insyaallah self-love nya terwujud  dan ibadah juga lanjut. Aamiin.

 

Nah, itulah Miks! Tips self-love untuk menyonsong hal baik dan membahagiakan segera tiba. Insyaallah siapkan? Self-love akan terwujud. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

 

#Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-18

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like