Tips Untuk Mencintai Diri Sendiri

Belajar Mencintai Diri Sendiri [pixabay.com]

Halo Miks!

Belakangan ini kita sering mendengar istilah Self-Love. Tentunya Anda ingin tahu kan apa maksudnya? Dan kenapa self-love ini penting, terutama untuk para ibu. Secara umum self-love dapat diartikan menerima dan mencintai diri sendiri. Terkadang ibu sibuk memperhatikan, menyayangi dan mengurus orang lain, tapi lupa untuk mengurus dan menyayangi diri sendiri. Ini tidak sehat ya, karena tubuh dan jiwa kita juga perlu dirawat dan dijaga kesehatannya.

Agar bisa menerima dan mencintai diri sendiri, inilah beberapa tipsnya.

 

  1. Sadari bahwa Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Di dunia ini tidak ada yang namanya manusia sempurna, baik sebagai suami, istri, orang tua atau apa pun perang yang yang ada di masyarakat. Karenanya tidak masuk akal bila Anda selalu menuntut diri Anda untuk selalu tampil sempurna dalam setiap situasi. Manusia punya kelebihan dan kekurangan. Tapi manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Mengakui kelemahan itu normal karena selalu ada saat dimana kita membutuhkan orang lain. Saling membantu lebih bermanfaat daripada berusaha mengerjakan semua tugas sendirian supaya Anda kelihatan hebat, tapi pada akhirnya Anda malah menjadi sakit karena terlalu lelah.

 

  1. Perhatikan dan Rawat Diri Sendiri

Merawat diri di sini tidak hanya terbatas pada penampilan luar saja, seperti cara berpakaian, tapi juga kesehatan jiwa dan raga kita. Untuk kesehatan fisik perhatikan pola makan, jadwal olahraga dan kegiatan Anda serta  istirahat yang cukup. Rajin beribadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT, akan membuat jiwa Anda tenang, sehingga Anda tidak mudah menjadi stress bila menghadapi masalah.

 

  1. Maafkan Diri Sendiri

Jangan terlalu keras pada diri Anda sendiri. Maafkan diri sendiri saat Anda membuat kesalahan. Yang penting adalah Anda menyesali kesalahan Anda dan berniat untuk tidak mengulanginya kembali. Waktu tidak bisa diputar kembali. Terus-menerus menyesali diri juga tidak ada gunanya. Lebih baik fokus pada apa yang bisa Anda lakukan supaya Anda menjadi lebih baik.

 

  1. Tentukan Batasan

Jangan lupa untuk membuat batasan untuk diri sendiri. Batasan ini berlaku untuk diri sendiri dan orang lain ya. Jangan memaksa diri Anda untuk bekerja tanpa istirahat, menerima tantangan tanpa jeda, dan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Dan yang berkaitan dengan orang lain misalnya, jangan biarkan orang lain memaksa Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai atau membuat Anda menanggung beban mereka, hanya karena Anda merasa tidak enak pada mereka.

 

  1. Jadi Diri Sendiri

Jadilah diri sendiri dan terima semua kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Bangga menjadi diri sendiri dan tidak usah berusaha menjadi orang lain. Berteman dengan orang-orang yang bisa menerima kita apa adanya serta memberi dukungan saat kita punya masalah. Jauhi orang-orang negatif yang membuat kita merasa tidak berharga dan berguna. Karena semua orang itu unik, pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

 

Nah, itulah beberapa hal yang harus dilakukan agar kita bisa menerima dan mencintai diri kita sendiri. Semoga berguna.

 

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-18

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like