10 Rahasia Dapur Hemat Yang Wajib Diketahui Ibu Rumah Tangga

Memasak Pasta [pixabay.com]

10 Rahasia Dapur Hemat Yang Wajib Diketahui Ibu Rumah Tangga

 

Hallo, Miks!

 

Berkegiatan di dapur memang sanggat mengasyikkan dan menyenangkan. Para ibu akan betah berlama-lama, untuk berkreasi mengolah bahan makanan bagi keluarga. Tetapi seringkali sedikit merepotkan pada saat persiapan dan penyimpanannya, banyak yang terbuang baik dalam segi waktu maupun biaya. Dan hal ini membuat para ibu tidak dapat berhemat demi pengeluaran rumah tangga dan memberikan kualitas masakan yang terbaik bagi keluarga.

Berikut 10 rahasia pengolahan dan penyimpanan bahan makanan, yang wajib diketahui oleh para ibu rumah tangga. Agar selama berkegiatan di dapur lebih menyenangkan, dan makanan bagi keluarga tetap dapat tersaji dengan cepat, mudah dan segar.

  1. Cara cepat mengiris bawang bombay

Untuk menghasilkan irisan yang tipis pada bawang bombay, gunakanlah pengupas sayuran sehingga hasil irisan akan lebih tipis dan cepat dalam prosesnya.

  1. Suka Cabe Tapi Tidak Suka Pedas Yang Nendang

Kadangkala dalam satu keluarga ada yang suka pedas, tetapi ada juga yang kurang menyukainya. Supaya semua keluarga tetap dapat mengkonsumsi cabai tetapi rasa pedanya tidak nendang, gunakan trik dengan cara membuang biji dan urat cabai.  Lalu cabai tersebut di bilas dalam air dingin, supaya tingkat kepedasannya akan hilang dan rasa yang dihasilkan akan sama di dalam masakan.

  1. Pengganti Krim Kental Dengan Putih Telur

Bagi para penggemar diet rendah kalori kadangkala krim pengental menjadi musuh dalam masakannya, hal ini dapat diganti dengan ¾ putih telur yang dikocok saat membuat hidangan penutup.

  1. Triks Agar Rebusan Pasta Tidak Menempel

Pada saat merebus pasta agar pasta tidak menempel pada panci air rebusan, diperlukan triks dengan menggunakan 1 liter air untuk 100 gram pasta. Dengan cara ini pasta tidak akan menempel pada panci dan hasil pasta akan matang secara sempurna.

  1. Rahasia Sempurna Untuk Kue Manis

Hasil kue manis, kadangkala hasilnya tidak sesuai resep yang sudah diikuti. Untuk hasil yang sempurna pada kue manis, rahasianya adalah berat tepung harus sama dengan berat gula, dan berat telur harus sama dengan berat mentega atau butter. Dengan takaran yang sesuai antara tepung dengan gula dan telur dengan mentega atau butter, maka kue manis yang akan dihasilkan memiliki tekstur yang sempurna.

  1. Buah Jeruk Tetap Segar

Buah jeruk seringkali mudah busuk jika tidak disimpan dengan benar. Cara praktis agar jeruk kembali segar, dengan cara merendam dalam air panas sebentar atau dipanaskan dalam microwave.

  1. Agar Daun Bawang Selalu Awet

Daun bawang yang belum terpakai, sebaiknya dicuci bersih dan dipotong ujung bagian akar. Lalu simpanlah dalam toples yang berisi air dan taruhlah di atas meja, sehingga daun bawangpun akan awet dan tidak cepat busuk

  1. Bahan Makanan Tetap Awet Meskipun Tidak Ada Kulkas

Simpanlah bahan makanan dalam ruangan yang bersuhu dingin atau dekat jendela pada malam, sebelum di masukkan ke dalam wadah tertutup. Atau simpanlah sayuran dan buah-buahan dalam mangkuk berisi air es sebelum dipergunakan. Dengan cara ini bahan makanan terutama sayuran akan tetap terjaga kesegarannya.

  1. Cara Menyimpang Seledri dan Brokoli Tetap Segar

Untuk menyimpan seledri dan brokoli agar tahan lama, bungkuslah terlebih dahulu dengan aluminium foil sebelum dimasukkan kedalam kulkas. Dengan cara ini seledri dan brokoli dalam bertahan lebih dari 4 minggu di dalam kulkas, dan kurang dari 4 minggu di luar kulkas. Atau dengan cara memotong-motong terlebih sebelum dimasukkan kedalam wadah tertutup berisi air, dan disimpan ke dalam kulkas. Seledri dan brokoli akan tetap segar hingga akan dipergunakan.

  1. Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar

Buah-buahan akan tetap segar jika pada saat menyimpannya dijauhkan dari buah apel, walaupun di dalam kulkas. Karena apel memiliki gas etilen yang tinggi, sehingga mempercepat buah-buahan di sampingnya cepat matang. Jadi sebaiknya untuk menyimpan buah-buahan, masing-masing ditempatkan dalam wadah terpisah dan lebih baik dibungkus dengan alumunium foil terlebih dahulu sebelum disimpan baik diluar maupun didalam kulkas.

Dengan mengetahui beberapa rahasia dalam mengolah dan menyimpan bahan makanan agar awet, membuat kegiatan di dapur lebih menyenangkan. Karena dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan supaya bahan makanan tetap awet dan segar, dan mempersingkat waktu proses penyajian tanpa mengurangi kualitas makanannya. Setiap ibu rumah tangga pasti akan lebih memperhitungkan semua itu demi kelancaran dalam keluarga.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like