7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Dapur dan Peralatannya Bersih

Panggangan [pixabay.com]

Halo, Miks!

Dapur merupakan tempat yang paling sering disinggahi. Dapur dan peralatan yang bersih akan membuat Anda nyaman bekerja disana.  Berikut 7 Tips membersihkan dapur dan peralatannya dengan cara mudah dan sederhana.

  1. Menghilangkan Kusam pada Keramik di Dinding Dapur

Keramik pada dinding dapur sering nampak kusam akibat asap dan cipratan makanan. Tak perlu pembersih kimia, Anda bisa gunakan cuka dapur untuk membuat keramik tersebut kembali berkilau. Tuangkan cuka pada dinding yang hendak dibersihkan. Diamkan sekitar 10 menit. Bersihkan dan bilas hingga aroma cuka pada keramik hilang.

  1. Karat pada Perabot Dapur

Melihat perabot dapur yang berkarat memang tidak menyenangkan. Anda jangan terburu-buru membuangnya. Cobalah untuk merendam perabot tersebut dalam cuka dapur. Jangan tambahkan air. Biarkan semalam. Cuci dan bilas seperti biasa.

  1. Blender

Blender merupakan alat dapur yang sering digunakan. Selain membuat minuman, blender juga digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur. Mencuci blender seperti mencuci piring, tidak cukup untuk menghilangkan kotoran atau bau yang menempel. Cobalah gunakan beberapa tips berikut :

  • Isi pitcher dengan air dan sedikit sabun cuci piring. Nyalakan blender selama beberapa saat. Bilas kembali dengan air bersih
  • Bila masih ada noda dan bau yang tersisa, tuangkan air, sabun cuci piring, dan cuka ke dalam pitcher. Nyalakan blender selama beberapa saat. Cuci dengan air dan sabun. Bilas hingga bersih.
  1. Wajan

Wajan kerap meninggalkan kerak yang sulit dibersihkan. Bila Anda menggunakan wajan anti lengket, gunakan garam dapur untuk membersihkannya. Gosok garam perlahan-lahan pada bagian yang berkerak menggunakan tisu dapur. Cuci dan bilas seperti biasa.

Bila menggunakan wajan biasa. Coba lakukan beberapa cara berikut :

  • Rendam wajan dalam air panas hingga kerak melunak. Bersihkan seperti biasa
  • Rendam wajan dalam larutan soda. Diamkan semalam. Panaskan air rendaman tersebut. Cuci dan bilas seperti biasa.
  • Taburkan garam dan cuka pada wajan. Diamkan beberapa saat. Cuci dan bilas seperti biasa
  1. Talenan Kayu

Talenan kayu kerap membuat Anda enggan menggunakannya bukan? Membersihkan talenan kayu tidak harus menggunakan sabun. Sisa sabun pada talenan dapat membuat makanan terkontaminasi. Anda dapat menggunakan jeruk lemon, garam, dan air hangat untuk membersihkannya.

Kandungan asam pada lemon dapat membunuh jamur atau organisme lain. Garam bermanfaat untuk melepaskan kotoran yang mengering. Kombinasi lemon dan garam mampu mengangkat kotoran di permukaan talenan kayu. Gosok permukaan talenan kayu yang telah dilumuri perasan lemon dan taburan garam dengan menggunakan spons kasar. Lakukan dengan gerakan memutar selama beberapa menit hingga bersih. Diamkan sekitar 10 menit. Bilas dengan air hangat. Agar tidak ditumbuhi jamur, jemur talenan hingga benar-benar kering.

  1. Panggangan

Makanan yang dipanggang kerap meninggal kotoran pada celah-celah besi panggangan. Hal ini diakibatkan oleh bumbu yang terbakar bara api sehingga hangus dan menghitam.  Bawang bombay ternyata dapat membantu menghilangkan kotoran tersebut. Belah bawang bombay menjadi 2 bagian. Tusuk menggunakan tusuk sate. Usapkan bawang bombay pada kotoran yang menempel hingga mengelupas. Ambil lap yang telah dibasahi dengan air. Usapkan pada panggangan. Lakukan saat panggangan masih hangat.

Bila kotoran belum hilang, Anda dapat menghangatkan kembali panggangan dengan api kecil. Bersihkan kembali menggunakan bawang bombay dan lap basah hingga kotoran benar-benar hilang.

  1. Wadah Makan Plastik

Wadah makan plastik seringkali masih meninggalkan bau meskipun telah dicuci dengan bersih. Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk menghilangkan bau tersebut :

  • Anda dapat menggunakan garam untuk menyerap sisa lemak dan menghilangkan bau tersebut. Taburkan garam pada wadah setelah Anda mencucinya. Diamkan semalam. Cuci kembali dengan sabun cuci piring kemudian keringkan.
  • Kopi dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan bau. Taburkan bubuk kopi ke dalam wadah makanan. Anda juga bisa menggunakan larutan kopi. Diamkan semalam. Cuci dan bilas seperti biasa.
  • Anda juga dapat menggunakan air lemon untuk membersihkan wadah makanan plastik. Lumuri wadah dengan air lemon. Diamkan selama 1 jam hingga bau hilang. Cuci dan bilas seperti biasa.
  • Soda kue juga dapat digunakan sebagai alternatif penghilang bau. Taburkan soda kue pada wadah kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci dan bilas seperti biasa.

Miks, mudah bukan menghilangkan kotoran pada dapur dan peralatannya? Anda dapat mencobanya.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-19

17 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like