8 Trik Dapur Yang Memudahkan Mom’s Memasak

Mengupas Jahe dengan Sendok [pixabay.com]

Hai Miks!

Miks termasuk yang hobi di dapur?

Bagi yang hobi memasak dan preparing makanan di dapur tentu sudah terbiasa bergulat dengan beberapa keribetan dan kerepotan di dapur.

Mulai mempersiapkan bahan dan prosesnya di dapur memilki peranan penting.

Terpikir nggak sih ngupas buah, ngupas sayur, ngupas bawang yang kadang ribet dan memakan waktu yang lama.

Ternyata ada beberapa Trik yang memudahkan mom’s loh di dapur yang jarang diketahui oleh orang.

Yuk kita bahas satu-satu

1.Udah Gak Jaman Lagi Kali Ngupas Bawang Putih Satu-Satu Pakai Pisau

Ini nih urusan dapur yang sering buat orang males masak: ngupas bawang putih! Apalagi kalau butuh banyak, males banget gak sih ngupas siung per siung pakai pisau?

Nah mulai sekarang kamu bisa deh tinggalkan cara kuno itu. Ambil aja piring dan tupperware. Gencet bawang-bawangmu dengan piring sampai kulitnya sedikit terkelupas. Terus masukkan ke dalam tupperware dan tinggal goyang-goyang aja. Voila, bawangmu sudah kepisah dari kulitnya.

2. Mengupas Jahe Juga Gak Usah Pakai Pisau

Bentuk jahe yang nggak beraturan suka buat kita malas untuk mengupasnya. Kalau pakai pisau, bisa-bisa jarimu malah kepotong saking berkelok-keloknya badan jahe. Pakai peeler juga susah karena ukurannya yang kecil. Nah pakai apa dong? Pakai sendok!

Kulit jahe itu nggak sekeras yang kamu kira. Sisiran sendok aja udah cukup bikin kulitnya lepas. Apalagi lekukan sendok lebih sesuai dengan kelokan badan jahe daripada pisau.

3. Air Es Juga Bisa Mempertahankan Warna Potongan Kentang

Kupas kentang lalu cuci bersih, setelah itu saat menunggu kentang di goreng atau dikukus, agar tidak menjadi coklat warnanya, rendamlah kentang ke dalam air es. Dijamin warna kentang nggak akan berubah.

4. Nyebelin Gak Sih Kalau Mecahin Telur Pasti Ada Kulitnya Yang Ikut Nyemplung

Gak usah deh susah-susah ngambil sendok atau nyemplungin tanganmu yang gak higienis untuk ngambil pecahan kulit telurnya. Gunakan saja pecahan kulit lainnya. Cara ini lebih gampang karena ternyata kulit-kulit telur itu bisa kayak magnet, saling menarik satu sama lain. Jadi, kamu gak perlu ngobok-ngobok telur yang mau dimasak.

5. Memisahkan Kuning Telur Pun Gak Sesusah yang Kamu Bayangkan Kok

Tinggal siapkan botol plastik kosong untuk menghisap kuning telurmu. Remas botol kosongmu untuk menghilangkan udara di dalamnya. Lalu, dekatkan botol ke kuning telur. Nah waktu udara mulai mengisi kembali bagian botol yang kosong, kuning telur juga bakalan ikut kesedot oleh dorong udara itu. Jadi semacam vacuum cleaner khusus kuning telur gitu deh.

6. Sayuran Untuk Lalapan Kayak Selada Itu Juga Ternyata Bisa Tahan Lebih Dari Seminggu Lho, Kalau Kamu Menyimpannya Seperti Ini

Letakkan paper towel atau tisu makan yang kasar-kasar itu di tempat penyimpanan sayuran hijaumu. Tisu itu bisa menyerap kelembaban yang bikin sayuran layu. Jadi, sayuran seperti selada masih bisa tetap crispy walaupun berumur lebih dari seminggu. Tapi jangan jadi malah tambah malas makan sayuran ya, mentang-mentang sekarang udah tahu caranya menyimpan sayuran biar tahan lama!

7. Trik Ngupas Mangga, Udah Tahu Belum?

Gak perlu deh kamu menguliti mangga kayak kamu mengupas apel. Mulai sekarang, iris saja bagian-bagian samping mangga di luaran bijinya. Nah terus bagian dagingnya kamu sisir pelan-pelan pakai pisau menjadi bentuk kotak-kotak gitu.

Ada beberapa orang yang membalikkan kulit mangga, terus dimakan begitu aja. Tapi kalau gak mau kotor, pakai saja sendok untuk menyendok daging mangga sampai bersih. Taruh piring, dan nikmati!

8. Kalau Mau Lebih Seru, Coba Kupas Mangga Pakai Gelas

Moncong gelas yang oval itu pas banget untuk ‘menyendok’ daging buah mangga keluar dari kulitnya dengan bersih. Mungkin pada percobaan pertama, kamu masih belum tahu angle yang tepat, Tapi kalau sudah cukup latihan, mengupas mangga itu bakal semudah menciduk air.

Nah baru tahu kan 8 trik buat Miks untuk memudahkan dalam menyiapkan bahan dan memasak di dapur?

Selamat mencoba yaaa …

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-19

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like