Aneka Tips Dapur Yang Bermanfaat

Membuat Kue Sesuai Resep [pixabay.com]

Halo Miks!

Bila kita adalah pemula dalam memasak, dan tidak selalu sukses memasak atau membuat kue, atau saat kita punya masalah dan membutuhkan tips untuk perawatan perlengkapan masak dan makan. Maka kita membutuhkan tips dan trik dari para ahli di dapur untuk menyelesaikan permasalahan di dapur kita. Inilah beberapa tips dapur yang bisa Anda coba agar urusan dapur menjadi lebih nyaman.

 

  1. Membuat Kue Kering atau Cake

Bila Anda hendak membuat kue kering atau cake, yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan bahan untuk kue atau cakenya. Usahakan menggunakan semua bahan dalam resep. Bedakan membuat kue dengan memasak, dan jangan sembarang mengganti bahan kue. Karena bila komposisi dan fungsi bahannya tidak sesuai, biasanya kue juga tidak akan sukses. Ikuti langkah dan tahapan pembuatan kue di resep. Jangan ada tahapan atau bahan yang teringgal, karena ini akan berpengaruh pada kue Anda.

 

  1. Mencairkan Daging

Biasanya daging disimpan di dalam freezer sebelum digunakan, sehingga daging harus dicairkan dahulu sebelum diolah. Salah satu cara mencairkan daging adalah dengan menggunakan microwave. Ambil daging beku, keluarkan dari kemasannya, tempatkan di wadah, masukkan ke dalam microwave lalu nyalakan microwavenya. Perhatikan suhu dan lamanya mencairkan daging ya. Jangan sampai daging malah menjadi matang. Bila Anda tidak punya microwave Anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu dengan merendam daging dalam air hangat. Jangan langsung memasak daging saat daging masih beku ya, karena ini akan mempengaruhi tingkat kematangan dan rasa daging dalam masakan Anda.

 

  1. Mencuci Talenan Kayu

Kebersihan talenan kayu sangat penting talenan kayu yang basah dan lembab bisa menjadi sarang berkembangnya bekteri penyakit. Sebaiknya jangan cuci talenan kayu dengan air dan sabun, tapi gunakan garam dan lemon untuk membersihkan talenan kayu. Lemon sebagai ant bakteri sementara garam akan mengikis sisa-sisa makanan yang menempel pada talenan. Gosok garam dan lemon pada talenan, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu siram dengan air hangat dan segera dikeringkan, agar talenan tidak menjadi lembab dan basah.

 

  1. Menghilangkan Bau Makanan pada Tempat Makan Plastik

Di masa ‘New Normal’, sebaiknya Anda membiasakan diri membawa bekal dengan tempat makan plastik bila anda atau anggota keluarga yang lain pergi bekerja. Tentunya Anda tidak suka bila tempat makan plastik Anda masih berbau masakan Anda kemarin. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang membandel. Antara lain dengan menggunakan air lemon. Caranya adalah dengan melumuri tempat makan dengan air perasan lemon, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu cuci dengan air dan sabun seperti biasa. Tempat makan Anda akan berbau lemon yang segar.

 

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Masukkan bubuk kopi ke dalam tempat makanan dan diamkan selama semalam. Keesokan harinya tempat makan bisa dicuci dengan air dan sabun seperti biasa. Maka bau makanan kemarin akan hilang dan tempat makan Anda siap digunakan lagi.

 

Nah, itulah beberapa tips dapur yang bermanfaat. Selamat mencoba.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-19

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like