Banyak Lalat di Dapur? Lakukan 7 Trik ini!

Lemon dan Cengkeh [pixabay.com]

Hai, Miks!

Di rumah Anda banyak lalat di dapur? Tentu ini bukanlah kondisi yang sehat apalagi bila Anda pedagang makanan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa lalat paling sering singgah di tempat yang kotor. Lantas bagaimana jadinya bila ia pun banyak di dapur yang identik banyak makanan.

Nah, bagaimana triknya agar makanan yang ada di dapur tidak dihinggapi oleh lalat? Berikut triknya!

1. Lilin

Anda pasti sering melihat di rumah makan biasanya berjejer lilin yang sedang menyala tepat di samping makanan yang akan dijual. Nah, ternyata cara ini ampuh bisa mengusir lalat yang ingin hinggap di makanan. Dengan begitu makanan Anda sekeluarga akan terhindar dari lalat yang bisa saja membawa bibit penyakit.

2. Tudung Saji

Tudung saji bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk menghindarkan lalat dari makanan. Bukan hanya lalat, cicak dan serangga lainnya pun pastinya tak akan mendekati makanan yang sudah Anda masak. Lagi pula banyak tudung saji yang bisa Anda dapatkan di pasar, baik yang terbuat dari rotan, plastik maupun alumunium.

3. Pandan

Daun Pandan ternyata tak hanya enak dipakai sebagai pelengkap bumbu masakan. Bau Pandan yang harum pun ternyata dipercaya tidak disukai oleh lalat. Caranya pun cukup mudah. Anda ambil beberapa lembar daun pandan kemudian irislah menjadi kecil-kecil dan taruhlah di wadah kemudian letakkan di dekat makanan. Cara ini dipercaya bisa mengusir lalat dari makanan Anda sekeluarga.

4. Jeruk Nipis dan Cengkeh

Bau khas jeruk nipis dan cengkeh ternyata tidak disukai lalat. Caranya pun cukup mudah. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian tusukkan cengkeh sekitar 12 buah pada setiap potongan jeruk. Selanjutnya Anda letakkan saja di dekat makanan, maka lalat pun akan langsung menghindar karena aromanya yang tidak disuka.

5. Cengkeh

Bila jeruk nipis tak ada di rumah Anda pun bisa hanya menggunakan cengkeh untuk mengusir lalat yang sering hinggap di makanan. Caranya pun mudah cukup Anda masukan cengkeh ke dalam air, tidak usah penuh yang terpenting sudah terisi saja. Kemudian letakkan gelas tersebut di dekat makanan, dijamin lalat pun enggan untuk hinggap di makanan Anda.

6. Bunga Lavender

Bunga Lavender ternyata tidak hanya bisa mengusir nyamuk di dalam rumah. Aromanya yang khas pun dipercaya bisa mengusir lalat yang sering hinggap di makanan. Cukup Anda letakkan bunga Lavender di dekat makanan agar lalat tidak datang menghinggap.

7. Daun Kemangi

Daun ini ternyata tidak hanya enak dijadikan lalapan sebagai pelengkap ayam, tahu dan tempe goreng. Daun ini pun bisa digunakan untuk mengusir lalat yang ada di dapur. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukan air di dalam gelas kemudian masukan beberapa tangkai kemangi. Letakkan ini di dekat makanan yang ada, maka lalat pun tak akan datang karena dia tak suka dengan aroma kemangi. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap hari, ya!

Itulah 7 trik yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat di dapur. Selamat mencoba ya, Miks!

Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Makmood Publishing hari ke-19

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like