Ini Dia, 6 Tips Membuat Masakan Biasa Jadi Luar Biasa.

Air Kelapa Muda [pixabay.com]

Halo, Miks.

 

Keahlian memasak sangat diperlukan bagi ibu rumah tangga. Saat anggota dapat makan dengan lahap dan nikmat, merupakan suatu kebahagiaan bagi ibu. Namun, terkadang ibu mengalami jenuh dalam memasak, karena bosan dengan cita rasa yang itu-itu saja. Inilah saatnya ibu mencoba tips masakan biasa menjadi cita rasa baru dengan menambahkan beberapa bahan lain atau teknik memasak yang unik yang belum diketahui banyak orang.

1. Air Kelapa Muda

Air kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai minuman. Seperti es kelapa muda, es degan, atau es kelapa jeruk. Untuk memasak, orang biasanya menggunakan santan yang dibuat dari buahnya. Ternyata, air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk memasak, lo. Fungsinya sebagai penambah rasa gurih. 

Ingin coba masakan bacem kecap tapi gak tahan dengan manisnya? Bisa ditambahkan air kelapa muda. Rasa manis kecap tidak terlalu menggigit karena tertutup dengan rasa gurih dari air kelapa.

2. Terasi

Bumbu masak yang terbuat dari ikan laut ini biasa digunakan dalam sambal. Selain itu, beberapa masakan seperti sayur asem, tumis kangkung juga menggunakan terasi. Belum banyak diketahui kalau terasi juga bisa ditambahkan ke dalam gulai. Nah, silakan dicoba, Miks, gulai daging dengan tambahan terasi. Lebih enak dengan terasi daerah pesisir seperti buatan daerah Lamongan atau Pati. Ini adalah resep gulai khas dari daerah Pati.

3. Tempe Semangit

Tempe Semangit adalah tempe yang hampir busuk namun tidak berbelatung dan aromanya menyengat. Di beberapa daerah Jawa Tengah  tempe semangit dimanfaatkan untuk membuat sambal tumpang, atau Lethok. Aromanya yang khas dan menyengat membuat rasa masakan jadi berbeda.

4. Membuat Bawang Goreng Renyah

Siapa yang tidak tahu kelezatan bawang goreng dalam masakan. Tidak mudah, lo, memasak bawang goreng. Proses yang lama dan telaten membuat kita lebih memilih untuk membeli bawang goreng dari pada memasaknya. Ternyata, ada tipsnya agar bawang goreng lebih renyah. 

Rahasia kerenyahan bawang goreng, ada kandungan air pada bawang. 

Caranya, bawang yang sudah diiris direndam air garam selama kurang lebih 30 menit, lalu dicuci dengan air mengalir. Tiriskan sampai benar-benar hilang kandungan airnya. Setelah itu digoreng dengan api sedang. Jangan ditinggal, ya, biar tidak gosong. Setelah itu ditiriskan dengan menggunakan kertas sambil di aduk pelan agar  rata panasnya. Bila alas kertas sudah sangat berminyak, pindahkan lagi ke kertas baru sampai minyak benar-benar tiris. Untuk pengeringan yang lebih baik, bisa menggunakan alat spinner bila ada.

5. Kencur

Kencur seringkali dimanfaatkan dalam pembuatan jamu, seperti jamu beras kencur. Kencur juga biasanya digunakan untuk pembuatan lotek atau seblak. Belum banyak yang tahu, kencur juga bisa dipakai untuk tumisan sayur. Kencur diulek dengan bawang merah dan bawang putih, lalu ditumis sampai harum dan matang. Aroma kencur yang khas tidak akan mematikan rasa tumis, tidak kalah dengan rasa tumis restoran. Coba, deh!

6. Susu Sapi

Ingin masakan bersantan tapi rendah lemak? Cobalah mengganti santan dengan susu sapi, rasa gurihnya hampir sama dengan santan, tetapi tidak sekental santan. Di Indonesia, penggunaan susu memang tidak lazim dalam masakan karena rata-rata orang Indonesia intoleran dengan laktosa. 

 

Demikian, Miks. Tips dapur yang jarang diketahui secara umum. Selamat mencoba. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like