Makanan Sehat dan Berkah dari Dapur, Yuk Intip Rahasianya

Kebersihan Dapur [pixabay.com]

Halo, Miks!

Keluarga sehat, tentu dilihat dari dapurnya. Sebab, di sinilah  makanan bagi para penghuni rumah diolah dan disiapkan. Ada keluarga  rumah jadikan dapur pusat aktivitas.  Dapur juga digunakan tempat makan dan ruang keluarga.

 

Keberadaan dapur  sangat penting, karena berpengaruh terhadap kondisi kesehatan anggota keluarga. Oleh karena itu, pastikan dapur selalu bersih dan sehat. Dengan demikian dapat menghasilkan makanan lezat, tetapi juga bergizi baik, bersih, sehat dan berkah. Nah, simaklah rahasia makanan sehat dan berkah dari dapur.

 

  1. Desain ruang dapur dengan rapi dan nyaman

Buat ventilasi yang baik agar sirkulasi udara lancar dan bersih. Sehingga ruang dapur  bersih dan tidak lembab. Sebab aktivitas memasak lekat dengan api, asap, dan air.  Oleh karena itu, tata letak, ruang dapur, kebersihan dan kesehatannya harus diperhatikan.  Pastikan dapur bersih setiap hari. Bersihkan dari serpihan bahan makanan atau cipratan minyak akan membuat lantai dapur lengket dan berbau.

 

  1. Pastikan peralatan dapur selalu bersih

Semua peralatan memasak  selalu dibersihkan, seperti bak pencuci piring, serta panci dan wajan setiap kali usai memasak. Sisa atau bekas noda  minyak, bumbu, atau bahan makanan tidak menempel permanen. Selanjutnya bersihkan bagian luar dan dalam peralatan masak manual maupun elektronik seperti oven, blender, coffee maker, microwave, hingga toaster secara berkala. Caranya ikuti petunjuk pembersihan yang tertera dalam buku manual.

 

  1. Simpan bahan makanan dengan baik

Wadah atau lemari penyimpanan bahan makanan harus selalu dalam keadaan bersih, kering, dan dapat ditutup dengan baik. Bersihkan atau gantilah  kertas alas lemari secara teratur. Kenali dan beri label tanggal kadaluarsa pada bungkus makanan yang disimpan, terutama bahan makanan kering yang biasanya memiliki waktu konsumsi lama.

Bersihkan semua bahan makanan dan bumbu berbentuk cair seperti kecap, sirup, minyak, saus kerap meninggalkan sisa di bagian tutup botol. Kondisi  sisa tersebut dengan kain lap atau tisu setiap kali dipakai. Agar semua bahan tetap bersih dan sehat.

 

  1. Perhatikan kebersihan dan kesehatan makanan

Pastikan semua bahan makanan sebelum diolah bersih dan sehat. Contohnya cabe, tomat, sayur agar terhindar dari sisa pestisida rendamlah dengan air garam sekitar 10 sampai 15 menit. Selanjutnya pengolahan makanan dilakukan dengan baik dan benar. Contohnya ketika hendak buat sayur bayam, jangan terlalu lama dimasak. Bisa mengakibatkan kandungan gizi dan seratnya rusak.

 

  1. Awali aktivitas memasak di dapur dengan niat ibadah

Aktivitas memasak  di dapur bukan sekedar menyediakan dan menyajikan makanan. Malahan lebih dari itu, bagaimana keberkahan makanan juga harus diperhatikan. Kenapa demikian, karena makanan nikmat yang diberikan Allah. Bentuk syukur kepada-Nya, ketika hendak memasak membaca bismillah dan kalimat thayyibah lainnya. Insyaallah, tidak hanya menyajikan  makanan bersih dan  sehat  sekaligus berkah  bagi anggota keluarga. Aamiin

 

Nah, Miks tidak sulit bukan? menciptakan  rahasia dapur yang jarang terungkap. Dapur bersih dan sehat. Olahan makanannya   berkah  bagi keluarga.  Silahkan praktekkan. Semoga bermanfaat.

 

#Tantangan Menulis  Makmood Publishing Hari Ke-19

1 Shares:
1 comment
  1. Dapur Sehat, tentu keluarga sehat dan mendapatkan berkah karena diiringi rasa syukur kepada pemberi nikmat Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like