Memasak Daging Anti Gagal? Ikuti 7 Tips Rahasia Dapur Sukses!

Tips Memasak Daging Bebek [pixabay.com]

 

Halo, Miks!

Kegiatan memasak bagi ibu rumah tangga adalah merupakan kegiatan harian yang gampang-gampang susah. Terkadang kita cukup memasak makanan yang mudah, murah, dan sederhana. Terkadang kita juga ingin memasak yang berbeda, yang memerlukan waktu dan perlakuan yang lebih di saat memasak. Tujuannya sama, agar kita bisa menyajikan masakan yang enak, sehat, bergizi, dan disukai seluruh keluarga.

Tetapi, tidak semua bahan masakan bisa dengan mudah diolah menjadi makanan yang enak dan sehat. Beberapa bahan makanan memerlukan perlakuan khusus agar hasilnya enak dan nikmat untuk disantap. Misalnya daging, ibu memerlukan tips dan tricks tersendiri agar masakan daging kita empuk dan meresap bumbunya. Atau misalnya kita akan memasak ikan bakar, perlu trik khusus agar ikan tidak hancur ketika dibakar.

Nah, Miks! Sebenarnya banyak rahasia-rahasia dapur yang sudah ada sejak dahulu tentang bagaimana memasak apapun menjadi lezat dan membuat selera. Kali ini, simak ya tips dan tricks berkaitan dengan bahan makanan daging. Apa saja ya? Ikuti 7 tips dan trick berikut ya, Miks!

Membuat Lidah Sapi Empuk

Bagaimana caranya agar ketika memasak lidah sapi bisa menghemat waktu dan empuk hasilnya? Caranya sebagai berikut :

  1. Cuci bersih lidah sapi
  2. Rendam dalam parutan nanas selama 30 menit sebelum diolah.
  3. Rebuslah lidah sapi, masukkan dalam air mendidih dan direbus selama 25 menit. Lidah sapi akan matang dan empuk dalam waktu 25 menit.

 

Memanggang Daging agar Lebih Lezat

Siapa yang hobi makan daging panggang? Daging panggang memang lezat dan nagih banget. Akan tetapi, bila kita tidak pandai memanggangnya, maka aroma danging akan tidak sedap, bahkan berbau sangit. Wah, jadi rusak selera makan kita dengan aroma tak sedapnya.

Cara agar aromanya lezat, kita menggunakan aluminium foil. Siapkan bawang bombay dan bawang putih dicincang, tambahkan lada, dan bungkuslah dengan aluminium foil. Kemudian letakkan di besi pemanggang dekat dengan daging. Bisa juga dengan menaburkan rempah-rempah pada arang atau briket. Rempah-rempah yang terbakar, akan menghasilkan daging panggang yang aromanya sangat lezat.

 

Menggoreng Dendeng Agar Empuk

Dendeng balado adalah kesukaan anak-anak di rumah. Memasak dendeng sebenarnya mudah, daging rebus diiris tipis dan tinggal dimasukkan ke dalam minyak panas, setelah itu dimasukkan ke dalam bumbu baladonya. Tetapi, kadang setelah digoreng hasilnya masih alot, liat, dan keras.

Cara mudah agar dendeng yang digoreng tidak keras, terasa lebih empuk dan lezat. Siapkan air dingin yang bersih di dekat wajan penggorengan. Celupkan dendeng ke dalam air bersih sebelum digoreng di dalam minyak yang panas. Hasilnya, dendeng lebih terasa empuk dan lezat untuk dinikmati.

 

Melunakkan Daging

Memasak daging, menjadi favorit seluruh keluarga. Apalagi kalau dimasak empal atau bistik, wah lezat sekali. Tapi, gara-gara dagingnya alot dan keras, hilang deh selera makan. Nah, agar daging yang kita masak empuk dan lezat, cukup kita bungkus dengan daun papaya sebelum dimasak. Diamkan selama beberapa saat, setelah itu daging akan terasa melunak dan empuk. Masaknya juga tidak terlalu lama, sehat dan lezat.

 

Menghilangkan Lemak Kaldu

Setiap kita merebus daging, pasti akan menghasilkan kaldu. Kaldu ayam maupun kaldu daging lebih sehat dan beraroma. Tetapi, kita pasti terkendala dengan lemak yang tertinggal di dalam kaldu. Cara menghilangkan lemak yaitu dengan mendinginkan kaldu di dalam kulkas. Setelah dingin, lemak akan mengambang di permukaan. Kita tinggal membersihkan dan mengambil lemak-lemak tersebut dari kaldu. Nah, akhirnya kita dapat kaldu yang bebas lemak dan lebih sehat untuk dimasak.

 

Menghilangkan Amis pada Daging Bebek

Daging bebek juga lezat razanya. Tetapi kadang kita malas ketika memasak daging bebek, tercium bau amisnya. Sehingga bayangan kelezatan daging bebek lenyap sudah. Ada cara mudah agar daging bebek tidak berbau amis, yaitu dengan merebus daging bebek dengan ditambahkan rempah-rempah, jahe, dan daun jeruk. Cara merebus seperti ini juga membuat daging bebek menjadi lebih empuk dan lezat.

 

Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

Banyak orang tidak suka dengan daging kambing, alasannya dagingnya baunya prengus. Ada caranya agar daging kambing tidak berbau prengus, yaitu jangan mencuci daging kambing dengan air, karena dagingnya akan semakin prengus. Cara lain adalah, lumuri terlebih dahulu daging kambing dengan air jeruk nipis. Diamkan sejenak sebelum dimasak. Bau prengus akan hilang dari daging kambing tersebut. Daging siap dimasak untuk menghasilkan masakan yang lezat.

 

Nah, Miks! Sudah tahu ya, ternyata banyak rahasia dapur yang kita tidak tahu, yang membuat masakan kita menjadi semakin enak dan nikmat dimakan ya. Keluarga juga makin sayang dan cinta kepada kita.  Siap-siap praktek ya, Miks! Apalagi sebentar lagi, kita merayakan Lebaran Idul Adha kan?

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-19

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like