Trik dan Info Seputaran Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Bawang Merah [pixabay.com]

Halo, Miks!

Dapur adalah tempat kedua di rumah yang paling sering di kunjungi. Apa lagi di masa pandemic. Ibu dituntut untuk sering bolak balik dapur menyiapkan makanan agar seisi rumah tidak bosan. Ibu-ibupun punya banyak trik khusus, supaya tidak kelelahan di dapur. Dari membuat makanan dalam porsi banyak, disimpan di kulkas lalu praktis tinggal goreng saja, sampai menyiapkan bumbu dalam jumlah banyak tinggal cemplung juga.

Salah satu bumbu yang membuat makanan gurih dan sedap adalah bawang merah. Sayangnya, untuk membuat bawang goreng sendiri, alami tanpa campuran terkadang sulit. Kupas-kupas benda satu ini juga buat mata perih. Nah, sebenarnya ada trik dan info seputaran bawang merah yang jarang diketahui yaitu:

  1. Mengupas/ mengiris bawang tanpa membuat mata perih

Pernahkan menitikkan air mata karena mengiris bawang? Air mata akan segera merespon keluar karena ketika pengirisan ada senyawa dari bawang yang tiba-tiba bereaksi. Nah, cara terbaik yang pernah penulis coba dalam mengupas bawang tanpa rasa pedih di mata adalah dengan meletakkan satu buah bawang merah di ujung pisau. Lalu, gunakan pisau itu untuk mengupas atau mengiris bawang. Cara ini diajarkan orang tua dari Banjar ketika Kukerta di sana. Ternyata, setelah dicoba benar saja mengiris bawang dalam jumlah banyakpun tidak akan perih. Jangan lupa gunakan pisau yang tajam. Ini akan menambah kecepatan dalam mengiris.

  1. Mengupas bawang dalam jumlah banyak, lalu menyimpan. Bolehkah?

Untuk memperpendek waktu di dapur, biasanya ibu-ibu sengaja mengupas bawang merah dalam jumlah banyak. Membiarkan saja di wadah atau menyimpannya di dalam kulkas. Bolehkah?

Sebaiknya jangan. Bawang merah yang telah dikupas dalam waktu lama akan teroksidasi  menjadi asupan dalam tubuh yang memicu kanker. Kenali dulu yuk apa itu bawang yang teroksidasi! Yaitu bawang yang dibiarkan terpapar lingkungan terbuka dalam waktu tertentu. Ada penambahan oksigen yang membuat wujud, rasa bawang berubah. Tidak hanya itu, hal ini bisa menyebabkan penurunan nutrisi. Berlaku untuk semua jenis makanan yang dipaparkan terlalu lama di luar juga.

Alih-alih dapat nutrisi yang baik. Di situlah awal beberapa penyakit akan muncul. Karena makanan yang teroksidasi itu bisa menyebabkan radikal bebas dalam tubuh.

Miks, tidak apa kita mengorbankan waktu sedikit mengupas bawang merah lalu langsung menggunakannya. Daripada simple cepat namun kurang sehat. Bukankah mengupas bawang tidak lagi membuat mata perih setelah membaca trik di atas?

Tantangan Makmood Publishing hari ke-19

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like